4 Olahraga Sahabat Lutut, Mudah dan Praktis
TEMPO.CO | 09/09/2019 09:55
Gerakan olahraga di tangga. Tabloidbintang,com/Self.com
Gerakan olahraga di tangga. Tabloidbintang,com/Self.com

TEMPO.CO, Jakarta - Lutut adalah salah satu bagian tubuh yang penting sebab berfungsi sebagai penopang beban tubuh. Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, kekuatan lutut tak akan seperti sedia kala. Dalam hal ini, Anda sangat mungkin mengalami nyeri, ngilu, atau sakit yang berat pada lutut.

Oleh karena itu, situs Web MD dan Medical News Today pun membagikan tips gerakan olahraga mudah untuk menjaga dan memperkuat kesehatan lutut. Berikut adalah beberapa di antaranya.

#Naik turun tangga
Aktivitas ini dapat dilakukan di tangga rumah bertingkat. Jika tidak memilikinya, Anda juga bisa menambahkan suatu benda yang tinggi dan diletakkan di lantai. Lalu, mulailah melakukan gerakan naik turun. Lakukan ini 10 hingga 15 kali per kaki. Apabila kurang menantang dan terlalu sederhana, Anda juga bisa melakukannya dengan posisi jinjit. Rutinlah setiap hari dalam aktivitas ini dan buktikan perbedaan dari lutut yang semakin kuat.

#Squat di dinding
Aktivitas mudah guna memperkuat lutut lainnya adalah dengan membentuk posisi squat dan kemudian bersandarlah pada dinding. Dalam hal ini, posisi squat yang benar ialah yang menyerupai posisi duduk atau 90 derajat. Lakukanlah selama lima hingga sepuluh detik perharinya. Apabila sudah terbiasa, Anda diharapkan menambah waktu yang lebih lama dari biasanya.

Ilustrasi pria berenang. mirror.co.uk

#Melakukan posisi A
Ini bisa dilakukan dalam posisi tidur ke samping ataupun berdiri. Dalam hal ini, angkatlah salah satu kaki ke atas apabila pada posisi tidur dan ke samping apabila berdiri, layaknya membentuk huruf A dengan derajat 45. Saat diangkat, tahan selama lima detik. Kemudian, ulangi lima hingga tujuh kali pada masing-masing kaki. Untuk modifikasi, Anda juga bisa menggerakan telapak kaki ke atas pula.

#Berenang gaya bebas
Dengan gaya bebas, Anda secara tidak langsung melakukan posisi A dengan ketukan yang lebih cepat. Hal tersebut sangat baik buat yang merasa malas untuk melakukan serangkaian gerakan lain sebab mau tidak mau, saat berenang, Anda tentu dipaksa untuk menggerakan kaki. Lebih dari itu, dampak yang tak kalah besarnya juga akan terasa mudah untuk dilakukan karena bantuan air yang meringankan massa tubuh.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT