Cocok untuk Liburan Keluarga, Ini Destinasi Hits di Singapura
TEMPO.CO | 08/09/2019 16:20
Wisatawan berjalan di anjungan skywalk yang terdapat di taman pohon raksasa buatan di kompleks Gardens By the Bay, Singapura  (13/7).  Dari ketinggian ini wisatawan dapat melihat keindahan kota Singapura. TEMPO/Suryo Wibowo.
Wisatawan berjalan di anjungan skywalk yang terdapat di taman pohon raksasa buatan di kompleks Gardens By the Bay, Singapura (13/7). Dari ketinggian ini wisatawan dapat melihat keindahan kota Singapura. TEMPO/Suryo Wibowo.

TEMPO.CO, Jakarta - Jumlah wisatawan Indonesia yang mengunjungi Singapura merupakan salah satu yang terbesar dari 15 negara. Menurut data Singapore Tourism Board (STB), pada 2018, negara yang warganya paling banyak pelesiran ke Singapura adalah China 3,42 juta wisatawan, Indonesia 3,02 juta wisatawan, India 1,44 juta wisatawan, Malaysia 1,25 juta wisatawan, dan Australia 1,11 juta wisatawan. Umumnya, wisatawan ke Singapura umumnya untuk liburan keluarga.

Salah satu kunci Singapura sukses membuat turis kembali adalah, negeri itu mampu mengemas kembali potensi wisata sehingga tampak selalu baru. Selain juga menciptakan destinasi wisata baru. Berikut destinasi wisata di Singapura, selain Orchad Road, Merlion Park, dan Marina Bay Sand yang dinukil dari situs Traveloka.

Esplanade

Esplanade yang sering disebut sebagai gedung durian atau Theatres on the Bay. Lokasi gedungi ini berada di 1 Esplanade Dr, Singapore, seberang Merlion Park. Mereka yang mencintai seni dan pertunjukan wajib berkunjung ke Esplanade. Di sanalah musisi, seniman, dan band-band kelas dunia kerap tampil.

Selain teater dan gedung pertunjukan, di dalam Esplanade terdapat pusat perbelanjaan, selain terdapat pula ruang terbuka tempat para seniman membuat pertunjukan kecil dengan gratis. Esplanade juga dilengkapi perpusatakaan dengan jam operasional mulai 12.00 - 20.30 waktu setempat.

Clarke Quay

Kawasan Clarke Quay berlokasi di 3 River Valley Rd, Singapore, berupa dermaga di tepi Singapore River. Clarke Quay merupakan ruang publik tempat warga Singapura bersantai. Tempat wisata ini dipenuhi oleh gedung tua dan rumah toko berarsitektur China dengan cat warna-warni. Selain itu, penampilannya kian semarak dengan kafe, bar, dan jazz club. Bila ingin hanya duduk dan menikmati makanan kecil, terdapat gerai 7-Eleven, lalu bersantai sepanjang hari. 

Bangunan berwarna-warni di Serangoon Road kawasan Little India, Singapura. TEMPO/Francisca Christy Rosana

Gardens by The Bay  

Tempat wisata favorit lain yaitu taman raksasa seluas 100 hektar ini berada di belakang Marina Bay Sands, tepatnya di 18 Marina Gardens Dr, Singapore. Gardens by The Bay semisal kebun raya yang menyimpan berbagai koleksi tanaman tropis yang langka.

Di sini Anda bisa menjumpai berbagai koleksi tanaman langka dalam sebuah rumah kaca raksasa atau dome dengan arsitektur berbentuk kerang. Untuk masuk konservatorium ini Anda dikenakan tiket sebesar S$28 per orang dengan jam operasional mulai pukul 09.00 - 21.00. Sedangkan untuk outdoor mulai jam 05.00 - 02.00 waktu setempat dengan tidak dipungut biaya. 

Universal Studios Singapore

Universal Studios terletak 8 Sentosa Gateway, Singapura. Pulau Sentosa merupakan taman wisata bermain dengan tema film terkenal Hollywood. Anda bisa menuju ke sini dengan kereta MRT menuju mal Vivo City dan naik ke HarbourFront Station (NE1). Dari sini Anda bisa naik monorail (The Sentosa Express Monorail) lalu turun di Waterfront Station. 

Selain wahana bermain, tempat wisata ini juga banyak terdapat restoran dan kios yang menjual berbagai suvenir unik khas Universal Studios. Untuk menikmati segala permainan di Universal Studios Singapore Anda harus membeli tiket masuknya, untuk anak sebesar S$55, dewasa S$74, dan orang tua S$36. Lokasi berfoto paling disukai wisatawan berupa ikon Universal Studios berupa bola dunia yang berputar.

Chinatown

Kampung pecinan ini merupakan destinasi wisata sejarah. Bila ingin mengetahui Singapura di masa lalu, datanglah ke Chinatown. Lokasinya bisa dijangkau dengan naik MRT jalur ungu dan kuning, lalu turun di Chinatown Station (NE4/ER1).

Saat ini lokasi tempat wisata Chinatown di Pagoda St, Singapura tediri dari 5 distrik yaitu Telok Ayer, Bukit Pasoh, Tanjong Pagar, Kreta Ayer and Ann Siang Hill. Mayoritas penduduk di Chinatown Singapura ini adalah warga keturunan China. Anda bisa berwisata kuliner dan jajan di seputar area Chinatown ini.

Museum Madame Tussauds

Museum lilin Madame Tussauds berlokasi di 40 Imbiah Rd, Pulau Sentosa, Singapura. Lokasinya dapat dijangkau menggunakan MRT HarbourFront lalu dilanjutkan dengan Sentosa Express.

Di setiap ruangan terdapat patung lilin yang dibuat menyerupai tokoh aslinya. Anda bisa menyentuh, bermain, hingga berfoto bersama dengan tokoh kesayangan dari Presiden Obama, penyanyi pop hingga bintang Hollywood. Patungnya tidak hanya diam, melainkan bersuara seperti aslinya. Tiket masuknya S$35 per orang dewasa dan S$25 per anak. Anda bisa berfoto dengan tokoh terkenal dunia. Museum ini buka setiap hari mulai 10.00-21.00.

Little India

Little India adalah perkampungan warga India di Singapura yang masih mempertahankan identitas khasnya. Lokasi tempat wisata ini berada tak jauh dari Orchard Road di 48 Serangoon Rd, Singapore. Untuk menuju ke Litte India, Anda tinggal naik MRT jalur ungu atau biru. Lalu turun di Little India Station (NE7/BT4), atau di Farrer Park Station (NE8). Di tempat wisata ini Anda akan merasakan pengalaman khas India dengan menemukan suasana hiruk pikuk kegiatan sehari-hari. 

Anda bisa mendapati sejumlah pasar tradisional, gang sempit, penjual kachang puteh dan karangan bunga melati. Di tempat wisata ini terdapat banyak kios khas India yang menjual hasil kerajinan, dupa, emas, dan kain. Aroma rempah dan bunga pun menyengat di antara warna-warni khas India.

Silakan mencicipi makanan khas India di restoran modern dan jajanan India seperti thosai dan roti prata. Jika Anda beruntung, Anda berkesempatan menyaksikan festival meriah yang sering diadakan di tempat wisata ini.

Bugis Street

Tempat wisata Bugis Street berlokasi di Pagoda Street, Singapore, merupakan kawasan perbelanjaan yang berada di antara bangunan komplek perbelanjaan Bugis Junction. Arsitekturnya sendiri memiliki perpaduan antara bugis dan Cina. 

Anda bisa merasakan sensasi tersendiri berada di masa lalu, saat mengunjungi kawasan ini. Lokasi tempat wisata Bugis Street ini bisa Anda capai dengan naik kerata MRT jalur hijau atau biru, lalu turun di Bugis MRT Station (EW12/BT3).

Saat ini tempat wisata ini mulai populer bagi wisatawan Indonesia dan menjadi salah satu tujuan belanja favorit. Ini karena barang yang dijual di sini harganya lebih murah dan banyak pilihannya. Lokasi ini buka mulai pukul 11.00- 22.00 waktu setempat.

Wisatawan menikmati kota Singapura dari ketinggian saat mengunjungi taman pohon raksasa buatan Skytree Grove di kompleks Gardens By the Bay, Singapura (13/7/2013). TEMPO/Suryo Wibowo.

Jurong Bird Park

Siapa belum pernah mendengar Jurong Bird Park yang populer ini? Jurong Bird Park merupakan taman burung terbesar seluas 20 hektar berlokasi di 2 Jurong Hill, Singapura. Tempat wisata ini memiliki koleksi sekitar 800 jenis burung dari seluruh dunia dan konservasi burung langka dunia. 

Ada dua jenis pertunjukan burung di Jurong Bird Park yaitu Kings of the Skies Show dan High Flyers Show. High Flyers Show bisa dikatakan lebih menarik, burungnya lebih lucu. Anda bisa menyaksikan parrot bernyanyi dalam bahasa Mandarin, Indonesia, dan Inggris. Bila Anda lelah berjalan kaki, ada Monorail untuk mengamati burung ini.

Jam buka tempat wisata ini setiap hari mulai dari jam 08.30 sampai jam 18.00. Harga Tiket masuk termasuk Free Tram Ride adalah S$29 untuk dewasa dan S$19 untuk anak-anak.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT