Buat yang Susah bangun Pagi, Coba 7 Tips Ampuh Berikut
TEMPO.CO | 07/09/2019 21:41
Ilustrasi wanita bangun tidur. shutterstock.com
Ilustrasi wanita bangun tidur. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Ilmuwan Benjamin Franklin pernah mengatakan, “Bangun pagi adalah emas”. Bangun pagi memiliki berbagai manfaat, seperti meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan menyehatkan tubuh.

Namun, terkadang bangun pagi bisa menjadi hal yang sulit. Hentikan menekan tombol snooze pada alarm dengan tujuh tips di bawah ini, dilansir dari Purewow.

#Buat rencana aktivitas pagi
Jangan hanya berniat bangun pagi tanpa tujuan apa-apa. Rencanakan aktivitas yang akan dilakukan tepat setelah bangun, misalnya berolahraga atau bermeditasi.

#Adaptasikan diri untuk bangun pagi
Bangun pagi membutuhkan adaptasi tubuh. Mulai bangun pagi 30 menit lebih awal, disusul dengan besoknya satu jam lebih awal, dan seterusnya.

#Tidur lebih awal
Sudah jelas bahwa semakin awal Anda tidur, maka semakin awal pula bangun. Mulailah tidur lebih awal dan pastikan tidur selama minimal 8 jam.

#Buka tirai jendela
Alam memiliki pengingat waktu abadi, yaitu matahari. Gunakan matahari sebagai weker dengan membiarkan cahayanya masuk ke kamar. Selain itu, cahaya matahari pagi juga mengandung vitamin D dan seritonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

#Hindari tombol snooze
Salah satu penyebab gagalnya bangun pagi adalah fitur snooze yang dapat menunda waktu bangun. Letakkan alarm jauh-jauh dari tempat tidur agar Anda sulit menekan tombol snooze.

#Minum segelas air putih
Mengonsumsi air putih segera setelah bangun tidur dapat membuat lebih segar dan memberikan kembali kandungan H2O yang hilang dari tubuh selama tidur. Minum air putih juga dapat mengurangi rasa lapar sehingga Anda tidak akan sarapan dalam jumlah besar.

#Segera rapikan tempat tidur
Setelah minum air putih, cobalah segera rapikan tempat tidur untuk menekan rasa ingin tidur kembali.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT