Pulau Leebong, Daratan Kecil yang Memikat di Belitung
TEMPO.CO | 05/09/2019 21:09
Pulau Leebong memiliki pasir putih dan perairan yang jernih. Foto: @helenwong98
Pulau Leebong memiliki pasir putih dan perairan yang jernih. Foto: @helenwong98

TEMPO.CO, Jakarta - Pulau Leebong adalah daratan kecil di sisi barat Pulau Belitung. Mengutip tiket.com, Pulau Leebong diminati wisatawan karena panorama lautnya yang indah. Pelancong yang berkunjung ke Pulau Leebong bisa menginap, atau hanya sekadar menikmati persinggahan.

Begitu tiba di Pulau Leebong, pemandangan hutan bakau menyambut di sepanjang sisi pelabuhan. Pulau Leebong luasnya sekitar 37 hektare, dengan hamparan pantai pasir putih. Ombak di sekitar pulau ini cenderung tenang, sehingga memungkinkan untuk penghobi berenang atau selam permukaan (snorkeling).

Pelancong juga bisa bersantai di Pantai Chicas yang sudah dilengkapi gazebo. Pulau Leebong juga telah dilengkapi toilet dan tempat bilas. Saat menelusuri Pulau Leebong, pelancong akan menemukan rumah pohon. Dari rumah pohon ini pengunjung bisa menikmati suasana dari ketinggian sambil berfoto-foto.

Bersepeda merupakan aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di Pulau Leebong. Rutenya di sepanjang Pantai Chicas -- ketika air laut sedang surut. Waktu surut air laut di Pantai Chicas biasanya pagi hingga sore.

Bila ingin menikmati aktivitas di laut, di antaranya kayak, snorkeling, banana boat, paddle, dan jetski. Bila ingin snorkeling, peralatan lengkap yang disewakan harganya di kisaran Rp45 ribu. Sedangkan banana boat bisa menampung tiga hingga 10 orang. Wahana permainan itu ditarik perahu boat selama 15 menit. Harga untuk sekali naik banana boat sekitar Rp65 ribu per 5 orang. Sementara untuk kayak, maksimal dimainkan dua orang.

Paddle board bisa digunakan sambil duduk, namun harus terus mendayung menjaga keseimbangan. Sedangkan jetski boleh dibilang permainan yang paling mahal. Setidaknya perlu menyediakan uang sekitar Rp250 ribu per orang, untuk menaiki jetski selama 15 menit.

Pulau Leebong memiliki pantai indah dan juga spot snorkeling. Foto: @jelajah.belitung

Bila ingin ke Pulau Leebong dimulai dari Pelabuhan Tanjung Ruu. Perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Ruu umumnya ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit dengan kendaraan bermotor dari Tanjung Pandan.

Kemudian dari pelabuhan menyewa perahu untuk perjalanan pulang dan pergi. Bisa juga ikut paket tur harganya sekitar Rp470 ribu per orang, termasuk biaya perjalanan ke pulau. Biaya itu termasuk makan siang dengan hidangan seafood sebagai menu utama. Perjalanan paket tur dari Pelabuhan Tanjung Ruu biasanya dimulai pukul 09.00 hingga 17.00.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT