5 Fakta Menarik Freddie Mercury yang Jarang Diketahui
TEMPO.CO | 05/09/2019 20:39
Freddie Mercury.  Peter Roshler / Mercury Songs Ltd/Handout via REUTERS
Freddie Mercury. Peter Roshler / Mercury Songs Ltd/Handout via REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Vokalis band rock Queen, Freddie Mercury berulang tahun pada 5 September. Apabila masih hidup, usianya kini 73 tahun. Sayangnya, Freddie Mercury telah meninggal akibat AIDS pada 1991 di usia 45.

Sambil menyambut hari ulang tahun pelantun lagu "Bohemian Rhapsody" ini, berikut adalah beberapa fakta menarik tentangnya, seperti yang dilansir dari situs Mental Floss dan Vanity Fair.

#Nama lahirnya adalah Farrokh Bulsara
Freddie Mercury bukanlah nama lahir. Sebelumnya, nama yang diberikan oleh kedua orang tuanya adalah Farrokh Bulsara. Namun sejak bersekolah di asrama pria St. Peter dekat Mumbai, India, ia mulai mengganti namanya menjadi Freddie. Dan setelah Queen terbentuk pada 1970, nama Freddie Mercury pun disahkan secara hukum.

#Bisa bernyanyi hingga hampir empat oktaf
Berbicara mengenai vokal Freddie Mercury, ia rupanya memiliki kemampuan yang tinggi. Tak seperti pria pada umumnya yang lebih mengasah suara bass, suara Freddie justru bisa melengking hingga hampir empat oktaf. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan pada 2016.

“Sementara vibrato tipikal akan berfluktuasi antara 5,4 Hz dan 6,9 Hz, Mercury justru 7,04 Hz,” tulis Consequence of Sound.

Freddie Mercury. Peter Roshler / Mercury Songs Ltd/Handout via REUTERS

#Memiliki kepribadian introvert dan pemalu
Sebagai seorang penyanyi, Freddie Mercury dituntut untuk sebisa mungkin menghibur para penggemar. Walaupun hal ini berhasil, sebenarnya ia memiliki kepribadian introvert dan pendiam.

“Dia sangat berusaha untuk hal ini karena dalam kehidupan nyata dia sangat pemalu, lembut, dan baik hati,” kata penggebuk drum Queen, Roger Taylor.

#Pecinta kucing
Freddie Mercury ternyata adalah seorang pecinta kucing. Selain memelihara 10 kucing di apartemennya, ia juga menciptakan sebuah lagu yang didedikasikan khusus untuk kucing-kucing kesayangannya itu. Jika Anda pernah mendengar lagu "Mr. Bad Guy", itu adalah lagu yang dibuat dengan jalan cerita kucing tercinta.

#Pernah bekerja sebagai tukang angkat koper
Sebelum sukses sebagai seorang musisi andal, Freddie Mercury ternyata memulai pekerjaan pertamanya sebagai seorang buruh. Ia adalah pekerja kasar yang ditugaskan untuk mengangkat koper para penumpang di Bandara Heathrow, London, Inggris.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT