Suka Barang Antik, Jakarta Punya Lima Lokasi Top
TEMPO.CO | 05/09/2019 20:44
Sejumlah barang antik dan langka di salah satu kios di Pasar Antik, jalan Bodri, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (30/10). TEMPO/Fully Syafi
Sejumlah barang antik dan langka di salah satu kios di Pasar Antik, jalan Bodri, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (30/10). TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, Jakarta - Barang antik apalagi berjenis langka kerap digemari karena keunikan dan harganya yang selangit. Ada banyak kolektor yang menggemari barang antik sesuai minat, hobi, dan seleranya. Tempat-tempat mangkal para penyedia barang antik, lambat laun menjadi pasar bagi para kolektor. Berikut lima tempat dagangan barang antik di Jakarta, mengutip tiket.com.

Pasar Senen

Pasar Senen dianggap sebagai pusatnya busana antik. Meski busana atau pakaian adalah barang bekas produk puluhan tahun, tapi diminati karena selain masih layak pakai juga nilainya yang antik. Pengunjung bisa mencari pakaian era 1970-an sampai awal 2000-an di Pasar Senen. Namun seperti umumnya memilih barang bekas, perlu ketelitian ketika mencarinya. Pasar Senen juga menjual aneka jaket lawas dan juga sepatu unik seperti sepatu boots dengan heels tinggi. Bila berkunjung ke Pasar Senen di antara pagi hingga siang hari karena para pedagang akan rampung berjualan pukul 17.00. Pasar Senen berlokasi di Jalan Stasiun Senen Nomor 101, Jakarta Pusat.

Blok M Square

Blok M Square agaknya bisa menjadi tujuan untuk mencari buku, komik, atau majalah edisi lama. Adapun Blok M Square beralamat di Jalan Melawai 5 Nomor 3, Jakarta Selatan. Khusus untuk mencari sumber bacaan dengan berbagai terbitan ada di lantai dasar. Ada banyak koleksi buku-buku bekas, atau majalah dan tabloid dalam bundel. Saat ingin membeli, tawar-menawar harga pun diperbolehkan.

Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring juga bisa menjadi tujuan mencari barang-barang antik. Para penghobi koleksi barang-barang antik bisa menemukan, di antaranya guci, telepon dengan nomor putar, perabot, dan lampu gantung. Namun, penting untuk teliti dalam memilih barang antik, untuk memastikan kualitasnya. Pasar Taman Puring beralamat di Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Cemal Cemil

Cemal Cemil adalah sebuah bisnis makanan ringan yang menawarkan sensasi nostalgia pada masa lampau. Tempat ini menawarkan jajanan unik yang tren pada masa lampau, di antaranya camilan kue kuping gajah dan gulali. Makanan ini bisa dinikmati langsung di tokonya, atau untuk oleh-oleh. Cemal Cemil berlokasi di Jalan Kemang Selatan I Nomor 20, Jakarta Selatan.

Jembatan Item Jatinegara

Bila mengunjungi Jembatan Item Jatinegara, ada banyak dagangan barang bekas yang ditawarkan. Para pedagang menawarkan barang-barang bekas itu di tepian jalan sepanjang sekitar dua kilometer. Ada pakaian, kaset pita, bahkan tustel yang masih berfungsi. Namun sebelum membeli penting untuk memastikan kondisi serta kualitas barang yang dicari. Alamat tempat ini berada di Jalan Jatinegara Timur, Rawa Bunga, Jakarta Timur.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT