5 Tahapan Penting Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama
TEMPO.CO | 18/08/2019 20:30
Ilustrasi bayi merangkak. freepik.com
Ilustrasi bayi merangkak. freepik.com

TEMPO.CO, Jakarta - Tahun pertama bayi Anda sangat berharga. Setiap milestone atau tahapan tumbuh kembang anak menjadi momen yang tak terlupakan. Anda tak akan mau melewatkan momen ketika ia pertama kali bertepuk tangan, merangkak, apalagi melangkah.

Masa ini juga begitu penting karena menjadi landasan tumbuh kembang anak Anda selanjutnya, terutama merangkak. Merangkak merupakan pengalaman unik untuk melatih koordinasi gerakan tubuh bayi. 

Dilansir dari Times of India, berikut lima tahapan penting tumbuh kembang bayi di tahun pertama.

  1. Tersenyum

    Melihat bayi tersenyum akan membuat hari Anda menjadi lebih menyenangkan. Biasanya, itu terjadi saat usianya dua atau tiga bulan. Anda sebenarnya sudah bisa melihat mereka tersenyum sedikit di bulan pertama, tetapi biasanya itu adalah senyum refleks, yang terjadi secara acak.

  2. Tidur sepanjang malam

    Di masa awal kehidupannya, bayi memiliki jadwal tidur yang kacau. Dalam semalam ia bisa terbangun beberapa kali dan mungkin mengajak Anda ikut terjaga. Jadi, ketika bayi Anda tidur sepanjang malam untuk pertama kalinya, rasanya seperti berkah. Masa ini akan terjadi ketika usianya 4 bulan, mereka sudah bisa tidur 6-8 jam tanpa terbangun.

  3. Berceloteh

    Sebelum mulai mengoceh, bayi mulai membaca bibir sejak usianya 6 bulan. Di masa ini otak kecil mereka mencoba memahami suara ucapan yang Anda buat dan mencoba meniru hal yang sama. Penelitian menunjukkan bahwa bayi dapat membaca bibir bahkan sebelum mereka belajar berbicara.

  4. Melambai

    Mengayun tangan atau melambai menjadi tahapan tumbuh kembang selanjutnya. Bayi biasanya mulai bisa melambai di usia 8-9 bulan, tentu awalnya dengan bantuan Anda. Melambaikan tangan merupakan salah satu tanda ia memiliki kemampuan motorik yang baik.

  5. Berjalan

    Bayi mulai belajar melangkah di usia 9-12 bulan. Bantu me reka untuk bergerak dengan bermain di lantai, lalu memanggil mereka ke arah Anda. Meski umumnya berjalan terjadi di usia ini, tak perlu khawatir jika ketika usianya memasuki satu tahun anak Anda belum bisa berjalan sendiri. Umumnya anak akan memasuki masa belajar berjalan sendiri hingga usia 18 bulan.



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT