Gili Trawangan Meriah dengan Merah Putih
TEMPO.CO | 17/08/2019 22:48
Para pemilik kuda sewaan dan wisatawan menikmati suasana hari kemerdekaan. Foto: @horseofgili
Para pemilik kuda sewaan dan wisatawan menikmati suasana hari kemerdekaan. Foto: @horseofgili

TEMPO.CO, Lombok - Gili Trawangan, Lombok, benar-benar meriah dengan nuansa hari kemerdekaan. Bendera merah pitih berkibar-kibar di sepanjang pantai, hingga kapal-kapal yang digunakan wisatawan.

Tak hanya di pantai atau di daratan, para penyelam juga membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di bawah laut. Bahkan para penyelam permukaan atau snorkeling juga membawa bendera merah putih. Mereka membentangkan bendera merah putih di permukaan air. 

"Kami membentangkan bendera di titik (penyelaman) yang paling bersih," kata Pendiri Divers Clean Action Swietenia Puspa Lestari, Sabtu, 17 Agustus 2019. Adapun Divers Clean Action adalah lembaga swadaya masyarakat yang fokus mengamati masalah pencemaran sampah di laut. Selain Divers Clean Action ada pula penyelam dari Gili Eco Trust, dan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan.

Menurut Swietenia alasan memilih area penyelaman yang bawah lautnya paling bersih, karena untuk melihat ekosistem dalam masa peralihan angin. "Saat peralihan angin biasanya tempat yang bersih menjadi kotor," tuturnya. Hal tersebut karena, sampah yang terbawa arus. "Karena lautan itu menyeluruh hari ini bisa kotor, nanti bisa bersih."

Hal itulah yang membuat Swietenia bersama teman-temannya mengibarkan bendera merah putih saat Hari Kemerdekaan ke-74, untuk menyampaikan pesan tersebut.

Namun, saat ia bersama sembilan orang temannya menyelam, Swietenia menganggap area  bawah laut tersebut terjaga kebersihannya. "Makanya kami menemukan ada dua hiu, dan tiga penyu di sekitar terumbu karang itu," ujarnya. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan indikasi terumbu karang yang sehat, karena tidak tercemar sampah.

Kapal dan wisatawan yang bermain paddle board juga mengibarkan bendera merah putih. TEMPO/Bram Setiawan

"Kalau terumbu karang sehat serta asupan sinar matahari yang baik. Maka, penyu betah berlama-lama di area terumbu karang," katanya.

Pemandangan bawah laut kawasan Gili Trawangan termasuk diminati turis yang hobi menyelam. Gili Trawangan, pada 17 Agustus yang bertepatan dengan hari libur memang ramai. Penghobi stand up paddle turut pula  mengibarkan bendera merah putih sebagai ekspresi merayakan HUT RI, sekalian berfoto.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT