Manfaat Anak Ikut Lomba Bawa Kelereng saat Perayaan Hut RI
TEMPO.CO | 17/08/2019 14:59
Aktris Mawar de Jongh mengikuti lomba balap kelereng saat promosi film Bumi Manusia di Kantor Berita Antara, Wisma Antara, Jakarta, Rabu, 31 Juli 2019. Film ini akan tayang dengan durasi 3 jam, lebih panjang dibanding film-film Indonesia pada umumnya yang
Aktris Mawar de Jongh mengikuti lomba balap kelereng saat promosi film Bumi Manusia di Kantor Berita Antara, Wisma Antara, Jakarta, Rabu, 31 Juli 2019. Film ini akan tayang dengan durasi 3 jam, lebih panjang dibanding film-film Indonesia pada umumnya yang hanya tayang 1,5 jam. ANTARA/Sigid Kurniawan

TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu perlombaan yang digemari anak-anak saat merayakan HUT RI adalah membawa kelereng dengan sendok. Selain mendapatkan keseruan dan hadiah, berbagai manfaat untuk tumbuh kembangnya pun bisa diraih. 

Melansir dari Herald Sun dan Kid Sport, berikut empat di  antara sekian banyak mengikuti lomba kelereng buat anak-anak. 

#Melatih fokus dan konsentrasi
Seperti yang diketahui, tingkat fokus dan konsentrasi anak masih sangatlah rendah. Hal tersebut juga bisa dibuktikan dari mudahnya fokus anak teralihkan. Dengan membawa kelereng, mereka pun akan diminta untuk belajar fokus dan konsentrasi agar objek tidk jatuh hingga garis akhir.

Sejumlah anak berlomba menggigit sendok dengan kelereng. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

#Mengajarkan keseimbangan 
Lomba membawa kelereng juga bisa mengajarkan keseimbangan. Hal ini didasari pada mudahnya kelereng untuk bergerak pada sendok yang dipegang anak. Terlebih dengan tubuh yang harus tetap berjalan untuk mencapai garis akhir. 

#Merangsang koordinasi tangan dan kaki
Lomba membawa kelereng bisa membantu anak untuk merangsang pertumbuhan otak yang lebih maksimal sebab hal ini membutuhkan koordinasi gerakan tangan yang memegang sendok dengan kaki yang mengikuti gerakan tersebut. Jadi, ajak anak untuk ikut serta agar bisa mendapat manfaatnya. 

#Menanamkan daya juang yang tinggi
Saat anak mengikuti lomba bawa kelereng, ia pun diajarkan untuk memiliki daya juang yang tinggi sebab dalam perlombaaan tentu akan ada pemenang. Terkait hal ini, mereka dipersiapkan untuk melakukan yang terbaik agar menjadi juara.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT