HUT RI, Indy Barends Rutin Ingatkan Anak Makna Kemerdekaan
TEMPO.CO | 17/08/2019 10:30
Artis sekaligus presenter Indy Barends di acara 'Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin' di Mall Kelapa Gading, Jumat 16 Agustus 2019, TEMPO/ Galuh Putri Riyanto
Artis sekaligus presenter Indy Barends di acara 'Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin' di Mall Kelapa Gading, Jumat 16 Agustus 2019, TEMPO/ Galuh Putri Riyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Tahun 2019 ini Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan atau HUT RI ke-74.  Dalam rangka menghidupkan semangat kemerdekaan dan mengenang perjuangan para pahlawan, rakyat Indonesia biasanya merealisasikannya dengan berbagai perayaan seperti upacara, pawai, hingga menggelar perlombaan. 

Makna Hari Kemerdekaan RI ini juga dianggap penting oleh artis sekaligus pembawa acara kawakan Indy Barends. Ia mengaku bahwa rutinitas menyambut HUT RI ini berubah setelah ia menjadi orangtua. 

"Kalau dulu rutinitasnya upacara, kalau sekarang rutinitas saya sebagai orangtua ya memberi tahu ke anak-anak saya tentang hari kemerdekaan. Karena kayaknya anak-anak zaman sekarang pada kurang tahu ya tanggal 17 Agustus itu ada apa. Padahal itu harus," ujar Indy saat ditemui Tempo di acara Talkshow 'Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin' di Mall Kelapa Gading, Jumat 16 Agustus 2019.

Menurut Indy Barends dengan memberikan edukasi singkat soal HUT RI ini diharapkan dapat membuat kedua anaknya, Raphael Benaya Sarmanella, 17 tahun dan Manuel Tobias Sarmanella, 10 tahun, memiliki rasa cinta kepada tanah airnya. "Menurut saya tugas utama kita sebagai orangtua ya untuk menyentil kepada mereka soal kemerdekaan RI," tutur wanita berusia 47 tahun itu."Ibaratnya nyentil dengan 'kamu itu tinggal di negera Indonesia. Kamu nggak akan hidup di negeri ini kalo negeri ini nggak pernah merdeka tanggal 17 Agustus 1945."

Setiap memasuki bulan Agustus, Indy menceritakan bahwa anak bungsunya, Manuel yang berusia 20 tahun, masing bingung mengapa hari kemerdekaan dirayakan dengan mengibarkan bendera merah putih di setiap rumah dan menggelarkan berbagai perlombaan. "Dia masih suka bingung, 'kenapa sih kok banyak bendera, emang mau ada pesta? Kok Idonesia merdeka dirayainnya dengan perlombaan?," kata Indy sembari menirukan pertanyaan anak bungsunya.

Indy Barends pun memberikan penjelasan bahwa HUT RI itu bisa dirayakan dengan apa saja asal tetap ingat esensi dari hari kemerdekaan itu sendiri. "Saya menyampaikan itu semua bagian dari perayaan. Kita boleh merayakan dengan cara apapun, yang penting kita tahu tanggal 17 Agustus adalah kemerdekaan Republik Indonesia," ungkap Indy.

Saat Manuel berusia delapan tahun, menurut Indy, putranya giat sekali menghafalkan lagu Indonesia Raya. Lalu, ia akan berdiri di depan televisi menonton siaran langsung upacara bendera di Istana Merdeka sembari menyanyikan lagu kebangsaan. "Waktu usia Manuel usianya 8 atau 9 tahun, dia sibuk menghafal lagu Indonesia Raya. Saya suka malu, dia ikutan upacara di depan televisi. Tapi menurut saya itu bagus karena dia jadi tahu dan bangga, 'ini negara saya dengan bendera merah dan putih'," tandas Indy Barends.

 

GALUH PUTRI RIYANTO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT