Buat Tidur Makin Pulas dengan Mandi Air Hangat
TEMPO.CO | 14/08/2019 06:30
Ilustrasi tidur (pixabay.com)
Ilustrasi tidur (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Tim biomedis di University of Texas dan Cockrell School of Engineering, Amerika Serikat, menemukan cara untuk membantu orang yang memiliki masalah tidur. Mereka menemukan metode sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur, yakni mandi dengan air hangat satu atau dua jam sebelum tidur. Hasil temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews, pertengahan Juli 2019.

Para peneliti menggunakan tinjauan sistematis, yakni teknik yang digunakan untuk mencari dan menganalisis data vital. Mereka menggunakan data dari ribuan studi sebelumnya yang menghubungkan pemanasan tubuh pasif berbasis air atau menunjukkan hubungan antara air hangat dan kualitas tidur.

Setelah menganalisis beberapa studi yang pernah dilakukan, para peneliti menemukan fakta bahwa mandi dengan air hangat bersuhu sekitar 40-43 derajat Celsius secara signifikan dapat meningkatkan kualitas tidur.

"Ketika kami menganalisis semua studi yang pernah dilakukan, kami melihat perbedaan yang signifikan dalam hal pendekatan dan temuan. Satu-satunya cara untuk menarik kesimpulan yang akurat, apakah kualitas tidur dapat ditingkatkan dengan mandi air hangat, adalah menggabungkan semua data tersebut dan melihatnya melalui pendekatan baru," kata Shahab Haghayegh dari Departemen Teknik Biomedis.

Tim pun bekerja sama dengan University of Southern California dan University of Texas Health Science Center untuk mengkaji 5.322 data penelitian. Mereka mengekstraksi informasi terkait dari publikasi yang memenuhi kriteria untuk melihat efek pemanasan tubuh berbasis air pada berbagai faktor tidur.

Hal itu termasuk total waktu tidur, latensi onset tidur (berapa banyak waktu yang diperlukan untuk tidur dari terjaga penuh), kualitas tidur (bagaimana orang menggambarkan tidurnya, waktu tidur, dan jumlah jam tidur), serta efisiensi tidur (jumlah waktu tidur relatif terhadap total lama waktu yang dihabiskan di tempat tidur untuk mencoba tertidur).

Alat meta-analitis kemudian digunakan untuk menilai konsistensi di antara studi yang relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa suhu air yang optimal adalah antara 40 dan 43 derajat Celsius. Penggunaan air pada suhu tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

SCIENCE DAILY | NEWS MEDICAL | MEDICAL NEWS TODAY | AFRILIA SURYANIS | KORAN TEMPO

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT