Joanna Alexandra Ungkap Pentingnya Peran Ayah saat ASI Eksklusif
TEMPO.CO | 13/08/2019 22:30
Aktivis Ayah ASI Raditya Oloan beserta istrinya Joanna Alexandra berbagi pengalaman mereka saat memberikan ASI eksklusif kepada empat buah hatinya di Jakarta Pusat, Jumat 9 Agustus 2019, TEMPO/ Galuh Putri Riyanto
Aktivis Ayah ASI Raditya Oloan beserta istrinya Joanna Alexandra berbagi pengalaman mereka saat memberikan ASI eksklusif kepada empat buah hatinya di Jakarta Pusat, Jumat 9 Agustus 2019, TEMPO/ Galuh Putri Riyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Kehidupan rumah tangga datang dengan tanggung jawab dan komitmen yang besar dari dua belah pihak, yaitu suami dan istri. Begitu juga ketika memutuskan untuk memiliki anak. Istri mengandung anak selama sembilan bulan, kemudian melahirkan, menyusui ASI eksklusif, hingga mendidik dan merawatnya sampai besar. Sosok ayah juga seharusnya hadir dalam seluruh fase kehidupan buah hatinya, khususnya saat masa ASI eksklusif.

ASI eksklusif merupakan air susu ibu yang diberikan langsung kepada bayi tanpa mencampurkan apapun ke dalamnya, termasuk air. ASI eksklusif diberikan mulai dari satu jam setelah kelahiran bayi hingga usia enam bulan. Pemberian ASI ini menjadi fase yang penting mengingat pentingnya pemenuhan gizi anak sejak 1000 hari pertama kelahiran (HPK).

"ASI menjadi penting karena akan menjadikan anak sehat. Anak yang sehat akan menjadi dewasa yang sehat. Dewasa yang sehat tentunya akan menjadi SDM yang unggul," kata Konselor Laktasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlingdungan Anak (Kemen PPPA) Dr. Ameetha Drupadi di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Dalam proses pemberian ASI eksklusif tentu sang ibu berperan penting. Namun yang tak kalah penting ialah kehadiran sosok suami sekaligus ayah dalam memberikan dukungan kepada ibu. "Keberhasilan ASI eksklusif juga bergantung dari peran Ayah ASI," ujar Dr. Ameetha.

Aktris Joanna Alexandra mengaku kehadiran sang suami Raditya Oloan menjadi hal berarti selama ia memberikan ASI eksklusif. "Menurut aku menjadi ayah ASI itu enggak gampang, tapi kehadiran Radit berpengaruh banget. Dan aku pikir Radit melakukan pekerjaan yang sangat baik," ujar ibu empat anak ini. "Dia jadi tempat aku bersandar banget saat mengalami problematika meyusui. Karena menyusui itu sangat mencucurkan air mata, keringat, dan darah."

Raditya Oloan pun membagikan kisahnya saat mendampingi istrinya memberikan ASI eksklusif untuk keempat anaknya. Bagi Raditya, peran ayah ASI sangat penting selama fase ASI eksklusif. "Ketika kita tidak mau mengambil peran sebagai suami yang membantu, nanti kita sendiri yang kerepotan di masa depan. Makanya, dua tahun pertama kasih waktu yang terbaik buat istri, membantu biar memberikan ASI eksklusifnya berhasil," ujar influencer dan aktivis Ayah ASI ini. 

Ayah ASI bisa diartikan sebagai sosok ayah yang ikut terlibat selama fase ASI eksklusif, misalnya memberikan dukungan kepada sang istri, khususnya dukungan mental. Raditya sendiri mengaku selalu memberikan perhatian hingga menyemangati istrinya saat memerah ASI. "Kita, sebagai suami, enggak perlu berlagak mengerti rasanya menyusui. Aku biasa selalu kasih support dengan bilang 'Jo, aku enggak ngerti rasanya nyusuin. Tapi ayo, semangat sayang'," kata Raditya mengenang waktu menemani istrinya menyusui.

Hal lain yang dilakukan Raditya ketika menemani istrinya memberikan ASI eksklusif ialah selalu meluangkan waktu dan membuatnya nyaman. "Dukungan yang diberikan ayah ASI kepada ibu bisa dimulai dari apa yang istri sukai. Saya sampai rela enggak nonton film horor, demi nemenin istri nonton drama," cerita Raditya sambil tertawa. "Dan juga jangan sampai bikin istri stres, tahan ego pribadi. Bantu apa yang bisa dibantu. Aku juga sering banget mijetin kakinya Joanna," imbuhnya.

Baik Raditya maupun Joanna Alexandra juga aktif mencari informasi seputar pemberian ASI, baik dari buku, internet, sampai dokter ahli. "Sebenernya informasi paling banyak saya dapet dari istri. Kami juga sampai pergi ke seminar-seminar," ujar Raditya.

 

 


GALUH PUTRI RIYANTO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT