Makan Daging Sapi pada Idul Adha? Manfaatnya Bisa Cegah Anemia
TEMPO.CO | 11/08/2019 10:02
Ilustrasi daging sapi beku. squarespace.com
Ilustrasi daging sapi beku. squarespace.com

TEMPO.CO, Jakarta - Anda mendapatkan daging sapi pada perayaan Idul Adha saat ini? Anda tahu apa saja manfaat baik daging sapi untuk kesehatan? Manfaat daging sapi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan protein tapi juga bisa mencegah anemia. Tidak hanya lezat, daging sapi ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daging sapi tidak hanya terbatas sebagai sumber protein, namun juga disebut bisa membantu mencegah anemia, hingga bisa membentuk tubuh ideal.

Tentu, ragam manfaat tersebut bisa didapatkan secara maksimal dengan pengolahan yang sehat dan tepat. Mengolahnya dengan cara menggoreng, dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan, meski kandungan daging sapi itu sendiri sebenarnya sehat.

Seperti dilansir dari SehatQ, manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh sangatlah beragam. Selain untuk memenuhi kebutuhan protein, daging sapi juga bisa membantu Anda mempertahankan massa otot dan meningkatkan stamina saat berolahraga.

1. Membantu mencegah anemia
Anemia atau yang sering disebut sebagai kurang sel darah merah atau hemoglobin, bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi di tubuh. Mengonsumsi daging sapi, bisa mencegah anemia. Sebab, daging sapi merupakan sumber zat besi yang baik karena dapat diserap lebih baik oleh tubuh, dibandingkan dengan zat besi dari tumbuhan.

2. Menjaga massa otot
Sama seperti kebanyakan daging hewan, daging sapi juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging sapi mengandung semua jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, dan sering disebut sebagai sumber protein lengkap. Mengonsumsi daging sapi secara teratur, dapat mempertahankan massa otot. Massa otot yang terjaga, bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit sakropenia.

3. Baik untuk stamina
Beta-alanine yang terdapat pada daging sapi, adalah komponen yang penting untuk fungsi otot. Pasalnya, zat ini dapat memicu pembentukan karnosin di tubuh. Dalam jumlah yang cukup, karnosin disebut dapat membantu mengurangi rasa lelah, dan memperbaiki stamina saat berolahraga.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT