Idul Adha Jangan Takut Makan Daging Kambing, Cek Aneka Manfaatnya
TEMPO.CO | 11/08/2019 07:10
Ilustrasi olahan daging kambing. shutterstock.com
Ilustrasi olahan daging kambing. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Hari Raya Idul Adha jatuh pada 11 Agustus 2019. Seperti yang banyak diketahui, hari raya ini selalu identik dengan penyembelihan hewan kurban, salah satunya kambing.

Daging kambing sering diolah menjadi beberapa makanan, seperti gulai, sate, tongseng, dan lain-lain. 

Di balik rasanya yang lezat, terdapat pula berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi daging kambing. Melansir dari Medium dan Daily Ten Minutes, berikut lima di antaranya.

#Mencegah kanker
Daging kambing bisa meminimalkan risiko kanker pada tubuh. Kandungan asam linoleat terkonjugasi dipercaya bisa mencegah sel kanker. Lebih dari itu, kandungan vitamin B dan selenium juga berkhasiat untuk membantu mencegah perkembangan sel kanker.

#Membantu pembentukan otot
Seperti kita ketahui, protein adalah sumber terpenting dalam pembentukan otot sehingga apabila Anda pecinta olahraga, daging tanpa lemak ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk masuk dalam menu harian. Namun, selalu ingat bahwa mengonsumsinya secara berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Jadi, sebagai penyeimbang, konsumsi pula kacang dan buah-buahan bergizi lain setiap hari.

Daging Kambing. TEMPO/Budi Purwanto

#Mencegah anemia
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan manfaat yang satu ini. Saat mengalami darah rendah, orang tua tentu akan menyarankan untuk banyak mengonsumsinya. Rupanya, hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan zat besi pada daging kambing. Fungsinya untuk menaikkan dan menormalkan jumlah darah pada tubuh. 

#Menjaga kesehatan mental
Daging kambing adalah sumber yang baik dari banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin B6, B 12, C, E, A, K, zat besi, kalsium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, kalium, natrium, dan banyak lagi sehingga apabila Anda depresi, mengalami sindrom pramenstruasi, atau bahkan stres, daging ini dapat membantu untuk tetap bugar secara mental maupun fisik.

#Menjamin kesehatan tulang
Kalsium dan vitamin B12 adalah dua kandungan terbaik dalam menjaga kesehatan tulang. Seperti diketahui, daging kambing memiliki keduanya. Jadi, jika ingin memiliki tulang yang sehat, menambahkan daging ini dalam pola makan harian bisa menjadi keputusan yang baik. Dalam jangka panjang, daging kambing bahkan terbukti dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit tulang.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT