Ada Dampak Buruk Anak Kecanduan Minum Kopi
TEMPO.CO | 09/08/2019 18:47
Ada Dampak Buruk Anak Kecanduan Minum Kopi
Ilustrasi kopi (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Kafein pada kopi jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan dampak buruk pada kesehatan orang dewasa, apalagi pada anak-anak. Pada anak, tak hanya kesehatan yang bermasalah, tapi juga perilakunya.

Kopi memang memberikan efek tenang setelah meminumnya. Rasa kopi yang nikmat membuat siapa saja menyukainya. Berikut ini dampak kafein pada kopi bila dikonsumsi oleh anak secara berlebihan.

#Menurunkan nafsu makan
Anak-anak yang terlalu sering minum kopi tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Terlebih, jika ia justru mengabaikan minuman lain yang lebih sehat, seperti air putih, susu, atau jus buah. Tidak hanya itu, kandungan kafein dalam kopi bisa menurunkan nafsu makan anak. Dalam kondisi ini, seseorang akan rentan mengalami masalah gizi.

#Sakit kepala
Kebanyakan minum kopi dapat mengakibatkan sakit kepala karena efek stimulan otak.

#Sulit tidur
Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membuat seseorang terjaga dan waspada sehingga mengganggu pola tidur. Sebaiknya tidak minum kopi ketika hendak tidur karena akan membuatnya terjaga sepanjang malam.

#Denyut jantung lebih cepat
Kopi mengandung kafein yang berfungsi menggairahkan saraf sehingga terjadi tekanan pada jantung. Ketika minum kopi, jantung sering menjadi berdebar-debar. Kondisi ini bisa berbahaya, terutama bagi yang memiliki riwayat gangguan jantung.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT