3 Destinasi Wisata Menginspirasi Lagu Didi Kempot
TEMPO.CO | 05/08/2019 06:30
Penyanyi campursari Didi Kempot. TEMPO | Ahmad Rafiq
Penyanyi campursari Didi Kempot. TEMPO | Ahmad Rafiq

TEMPO.CO, Jakarta - Penyanyi campursari Didi Kempot mendapatkan kesempatan pentas di depan Istana Kepresidenan, pada Jumat, 2 Agustus 2019. Saat itu, Didi Kempot yang dijuluki Godfather of Broken Heart pentas disela pergelaran wayang kulit dalam menyambut bulan kemerdekaan Indonesia.

Pementasan Didi Kempot sempat diperbincangkan warganet, karena Presiden Joko Widodo terekam dalam video ikut menyanyikan lagu Sewu Kuto saat menonton sang Godfather of Broken Heart itu. Saat itu, Didi Kempot membawakan tiga lagu berjudul Sewu Kuto, Layang Kangen, dan Jambu Alas.

Namun, Didi Kempot juga dikenal sering menggunakan tempat-tempat tertentu untuk merangkai cerita dalam lagunya. Berikut tiga judul lagu Didi Kempot, yang mengambil latar kesedihan di tempat wisata.

Stasiun Balapan

Stasiun Solo Balapan yang dibuka kali pertama pada 1873. Stasiun utama Kota Solo ini termasuk salah satu tempat perhentian kereta tertua di Indonesia. Saat ini di sekitarnya ada berbagai tempat penginapan dan hotel. Didi Kempot sempat dipilih menjadi Duta Kereta Api pada 2017.

Ia dipilih oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai duta, karena dianggap membantu mensosialisasikan tentang produk dan layanan tentang kereta. Dalam lirik lagu Stasiun Balapan, Didi Kempot menceritakan tentang seseorang yang mengantarkan kekasihnya di Stasiun Balapan. Namun, dari perpisahan di Stasiun Balapan itu, kekasihnya tak pernah kembali lagi.

Pantai Klayar

Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur, juga menjadi judul lagu Didi Kempot. Dalam lagu Pantai Klayar itu, Didi Kempot menceritakan tentang seseorang yang enggan berpisah dengan kekasihnya. Mengutip situs layanan perjalanan online Pegipegi, bila berangkat Yogyakarta menuju ke Pantai Klayar, bisa melalui Wonosari, Gunung Kidul. Kemudian lanjut ke Pracimantoro dan Giribelah. Selanjutnya akan melewati daerah Punung, menuju Pantai Klayar.

Sedangkan, bila dari arah Solo, melewati Pracimantoro, melanjutkan perjalanan sampai di Giribelah. Selanjutnya mengikuti perjalanan ke Kalak, mengikuti rute tersebut. Pantai Klayar memiliki pasir putih dengan hamparan karang di tepinya. Semburan air laut dari bawah sela tebing karang, tingginya bisa mencapai delapan meter.

PGazebo milik penjual makanan yang di sediakan untuk menikmati makanan sekaligus pemandangan pantai Klayar, Kec. Donorejo, Pacitan, Jawa Timur, (25/5). TEMPO/Aris Novia Hidayat

Malioboro

Bangjo Malioboro adalah judul lagu yang menceritakan tentang seseorang yang merenungi kesepiannya. Saat di Malioboro, Yogyakarta, seseorang itu teringat dengan kekasihnya yang pergi meninggalkannya untuk orang lain. Malioboro adalah kawasan jalan yang melintasi Tugu Yogyakarta yang ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan Malioboro mudah diakses sambil berjalan kaki dari Stasiun Tugu, Yogyakarta. Malioboro juga merupakan destinasi wisata belanja karena banyak pedagang kerajinan, serta warung makanan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT