Sulit Ungkapkan Perasaan pada Pasangan, Ikuti 4 Tips Ini
TEMPO.CO | 04/08/2019 22:37
Ilustrasi pasangan bertatapan mesra. shutterstock.com
Ilustrasi pasangan bertatapan mesra. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagian orang merasa tak nyaman atau bahkan sulit mengungkapkan perasaannya tentang hubungan dengan pasangan. Menurut Dr. Christie Tcharkhoutian, spesialis perjodohan senior di Three Day Rule, jika Anda menghindari pembicaraan serius tentang perasaan Anda mungkin kehilangan peluang ikatan yang sangat penting dengan pasangan

"Berbagi perasaan Anda dalam suatu hubungan sangat penting untuk membangun rasa saling percaya, keamanan, dan rasa hormat - jika Anda dapat berbagi emosi tanpa merasa malu atau tidak aman," katanya seperti dilansir dari laman Elite Daily.

Namun Anda tak perlu khawatir, jika berbicara tentang perasaan Anda tidak sendirian. "Penelitian tentang kerentanan menunjukkan kepada kita bahwa seringkali, paling sulit untuk menjadi rentan dengan yang paling dekat dengan Anda, termasuk pasangan Anda," jelas Tcharjhoutian.

#2. Gunakan pernyatan, “Aku merasa”
Jika Anda berusaha bersikap terbuka dengan perasaan Anda, Dr. Tcharkhoutian mengatakan gunakan pernyataan "Saya merasa" adalah cara yang bagus untuk memulai. “Salah satu ketakutan dalam mengungkapkan perasaan, terutama jika itu negatif akibat sesuatu terjadi dalam hubungan, [mungkin karena kita] takut pasangan kita akan marah atau menjadi defensif. Ketika kita fokus pada perilaku, daripada orang yang memengaruhi perasaan kita, ini membantu mengurangi kesalahan dan meningkatkan fokus pada emosi, ”jelasnya.

#3. Fokus pada emosi yang mendalam
Jika kesulitan untuk berbicara tentang perasaan Anda, Dr. Tcharkhoutian menyarankan meluangkan waktu untuk sampai ke akar perasaan Anda dan kemudian berbicara dengan pasangan. “Seringkali ketika kita marah, ada emosi yang lebih dalam bahwa kita menutupi kemarahan kita. Mungkin ketakutan atau kesedihan. Mengidentifikasi emosi yang lebih dalam membantu mengembangkan hubungan lebih lanjut,” katanya.

#4. Ingatlah bersikap terbuka sangat baik untuk pasangan dan diri sendiri
Dengan terbuka terhadap perasaan, jadi hadiah untuk diri sendiri dan pasangan  Anda. “Penting untuk terbuka karena keterbukaan emosional memberi pasangan Anda sesuatu yang mereka butuhkan: kepastian," kata Connel Barret, pelatih kencan eksekutif. "Kita semua perlu diingatkan bahwa kita cukup, bahwa kita istimewa, yang kita cintai. Jadi ketika pasangan adalah apa yang saya sebut 'telanjang secara emosional,' mereka saling memberi hadiah kepastian bahwa mereka akan aman dan dicintai. Dan itu mengarah pada koneksi yang lebih kuat. ”


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT