Zaskia Sungkar Ingatkan Pentingnya Informasi tentang TBC
TEMPO.CO | 04/08/2019 21:36
Zaskia Sungkar. Instagram.com
Zaskia Sungkar. Instagram.com

TEMPO.CO, Jakarta - Zaskia Sungkar mengaku pernah menderita penyakit TBC. Hal tersebut diungkapkan saat menghadiri acara kemitraan untuk tuberkulosis (TBC) A Night in Unity, di Jakarta, Sabtu, 3 Agustus 2019

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh para pemimpin dari berbagai sektor ini, Stop TB Partnership Indonesia bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan dukungan oleh Stop TB Partnership (global) berupaya meningkatkan perhatian publik bahwa TBC merupakan permasalahan bersama yang berdampak pada aspek sosial, ekonomi, dan politik.

Zaskia Sungkar juga mengingatkan masalah TBC merupakan masalah bersama. Ia awalnya tidak mengetahui apa itu TBC hingga dokter menjelaskan soal TBC yang dideritanya secara rinci. “Dulu awal saya gak tahu apa itu TB, karena minimnya informasi. Maka dari itu semoga kita harapkan semua tahu soal TB,” katanya dalam keterangan resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Pasangan selebriti Irwansyah dan Zaskia Sungkar saat ditemui usai pemutaran perdana film Roh Fasik di Metropole XXI, Jakarta, 6 Mei 2019. Roh Fasik merupakan film bergenre horor religi yang disutradarai Ubay Fox dan Evelyn Afnilia sebagai penulis naskah. Tempo/Nurdiansah

Istri Irwansyah ini melanjutkan, pasca sembuh dari TBC, dua tahun kemudian sang suami terkena TBC. “Dan saya tahu gejalanya maka langsung saya bawa ke dokter,” kata Zaskia.

Menurut aktris yang kini berprofesi sebagai desainer itu, permasalahan besar di Indonesia TBC masih menjadi hal memalukan bagi penderita. Jadi masih banyak yang tidak terbuka. “Padahal dengan suara kita, kita bisa kasih tahu saudara kita dengan waktu tepat kita bisa sembuh. Teman-teman yang nggak kena (TBC) bukan berarti tidak punya kewajiban mempublikasi, semuanya harus terlibat dalam memberikan informasi tentang TBC,” kata Zaskia Sungkar.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT