4 Sarang Bakteri di Rumah Sakit, Ada Stetoskop hingga Jas Dokter
TEMPO.CO | 25/07/2019 05:11
Ilustrasi dokter. fozto.com
Ilustrasi dokter. fozto.com

TEMPO.CO, Jakarta - Rumah sakit memang selalu dikaitkan dengan tingginya virus dan bakteri. Sebab sesuai namanya, orang-orang yang sakit pun berkumpul disana. Tapi ternyata kuman di rumah sakit bukan hanya ada di pasien. Beberapa benda di rumah sakit juga juga perlu diwaspadai. 

Melansir dari Web MD, berikut adalah 4 benda menjadi sarang virus dan bakteri penyebab penyakit di rumah sakit.

1. Stetoskop

Saat berkunjung ke dokter untuk melakukan pemeriksaan, salah satu benda medis yang mungkin digunakan adalah stetoskop. Sayangnya, pengukur ritme detak jantung ini dipercaya kaya akan virus dan bakteri. Sebab, barang ini akan digunakan dari pasien satu ke lainnya.

Menurut penelitian, lebih dari setengah tenaga kesehatan tidak membersihkan peralatan medis sehingga risiko penyakit lebih besar. Salah satu risikonya ialah resisten dengan obat antibiotik yang dikonsumsi. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa memastikan dokter telah membersihkan alat yang digunakan di depan Anda.

2. Bolpoin

Saat mengisi formulir registrasi, Anda tentu akan menggunakan bolpoin yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit. Sayangnya, benda ini juga mengandung banyak bakteri penyebab penyakit. Sebab, penggunanya bukan Anda saja dan riwayat kesehatan mereka pun tidak diketahui secara jelas.

Salah satu penyakit yang mungkin diderita akibat penggunaan bolpoin secara bergantian di rumah sakit ialah diare. Untuk mencegah kejadian ini, ada baiknya untuk mencuci tangan dengan sabun atau sekedar menggunakan hand sanitizer setelah menggunakannya.

3. Jas dokter

Dokter yang Anda temui pasti akan menggunakan atribut lengkap yang salah satunya adalah jas. Sayangnya, jas tersebut dipercaya menjadi tempat bakteri. Penelitian di Amerika Serikat pernah menyebutkan jika pakaian berwarna putih sangat mudah dan nyaman bagi sarang mikroba. Terlebih jika digunakan di daerah rawan seperti rumah sakit.

Menurut penelitian itu pula, banyak dokter yang jarang mencuci jas kebanggaannya itu. Jadi, Anda patut waspada dengan hal ini. Karena tidak dapat berbuat apa-apa dengan jas dokter, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah mandi dengan air hangat untuk mencegah bakteri berpindah ke tubuh Anda.

4. Kasur dan gorden

Saat berkunjung ke rumah sakit untuk menengok saudara atau kerabat, jangan sekali-kali mendekat dengan kasur pasien maupun gorden di sekitarnya. Sebab, kedua benda ini dipercaya menjadi sarang bakteri, khususnya jamur. Terlebih dengan waktu pembersihan yang umumnya tidak dilakukan setiap hari sehingga memupuk lebih banyak lagi bakteri.

Apabila Anda tidak sengaja menyentuh keduanya, hal terbaik untuk dilakukan ialah mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer.

 SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | WEBMD


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT