Hari Pertama Masuk Kerja? Ikuti 5 Tips Ini Agar Sukses Berkarier
TEMPO.CO | 22/07/2019 05:00
Ilustrasi pekerja di kantor (pixabay.com)
Ilustrasi pekerja di kantor (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Memasuki dunia kerja bukanlah hal yang mudah. Khususnya di hari pertama, Anda harus sebisa mungkin menampilkan yang terbaik. Sebab, ini akan berpengaruh pada performa Anda di perusahaan tersebut di masa mendatang.

Jika Anda merasa bingung mengenai apa yang harus dilakukan guna mencapai kesuksesan itu, Anda pun tidak perlu khawatir. Sebab, situs The Muse dan Live Career membagikan beberapa cara mudah yang patut Anda terapkan saat hari pertama masuk kerja.

1. Memberikan senyuman

Senyuman adalah suatu bahasa tubuh yang mengisyaratkan kebaikan. Saat hari pertama masuk kerja, sangat disarankan untuk memberikan senyuman kepada setiap orang yang ditemui di kantor. Bahkan jika memungkinkan, saat sedang berkomunikasi dengan teman di kantor maupun atasan melalui pesan, jangan lupa untuk memberikan emoji senyum.

“Ini menunjukkan sikap sopan, ramah dan semangat atas pekerjaan baru yang diterima. Jadi sangat penting untuk dilakukan,” kata dosen komunikasi di Maharishi University of Management, Steve Langerud.

2. Datang lebih awal dan pulang lebih lama

Hadir di kantor dengan tepat waktu adalah suatu keharusan. Sedangkan untuk pulang, memang tidak diwajibkan lebih lama. Namun apabila Anda bisa menerapkan keduanya, ini dapat menggambarkan antusiasme dan keinginan yang besar untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. “Anda juga akan terbiasa dan membaur dengan kultur di kantor,” kata psikolog dan direktur urusan akademik di Pinchot University, Bethany Lindsey.

3. Menggunakan pakaian yang rapi

Sweater dan celana jins panjang memang rapi. Namun, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pakaian ini. Menurut Lindsey, sweater dan celana jins dapat digunakan saat acara non-formal di kantor. Namun untuk hari biasa, disarankan menggunakan kemeja dan celana bahan. “Kecuali kalau Anda kerja di perusahaan yang lebih santai. Hal ini bisa disesuaikan,” katanya.

4. Berjabat tangan saat berkenalan

Kantor baru tentu akan dikaitkan dengan tenaga kerja baru juga. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperkenalkan diri, khususnya di sekitar daerah Anda ditempatkan. Berkenalanlah dengan jabat tangan. Sebab menurut ahli bahasa tubuh dan psikolog kerja, Nirav Mehta, berjabat tangan saat berkenalan mengisyaratkan kedekatan. “Layaknya sahabat, Anda menunjukan sikap yang siap membantu,” katanya.

5. Jangan malu bertanya

Sebagai orang baru, mungkin banyak hal yang belum Anda ketahui jelas mengenai tugas dan segala sesuatunya mengenai perusahaan. Dalam hal ini, Anda harus proaktif dengan banyak bertanya. Tidak usah malu untuk menanyakan sesuatu sebab lebih baik dipelajari terlebih dahulu, daripada salah di hasil akhirnya.

“Jangan menutup diri untuk ilmu. Karena belum tentu apa yang Anda lakukan benar. Nanti justru merugikan perusahaan dan juga performa Anda. Jadi lebih baik bertanya,” kata direktur layanan karir di Post University, Mike Gough.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | THEMUSE | LIVECAREER


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT