Lebaran Betawi, Replika Rumah Adat Jadi Favorit untuk Swafoto
TEMPO.CO | 20/07/2019 06:35
Warga antusias menengok anjungan di antara kemeriahan malam pembukaan Lebaran Betawi ke-12 di Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juli 2019. TEMPO/Muh Halwi
Warga antusias menengok anjungan di antara kemeriahan malam pembukaan Lebaran Betawi ke-12 di Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juli 2019. TEMPO/Muh Halwi

TEMPO.CO, Jakarta -Lebaran Betawi tahun ini dimeriahkan dengan replika rumah adat yang ditampilkan di Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat. Adapun replika rumah adat Betawi itu menampilkan karakter dari masing-masing wilayah di Jakarta.

"Ada Betawi Tengah, Betawi Pinggir, Betawi Pesisir, ini (rumah adat) silakan untuk menampilkan ornamen khasnya," kata Ketua Panitia Lebaran Betawi Muhammad Rifki, Jumat, 19 Juli 2019.

Lebaran Betawi tahun ini bertema 'Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia'. Adapun hari ini merupakan acara malam mangkat, atau semacam syukuran tradisi Betawi sebelum mengadakan hajat. "Ada hadroh, marawis, dan ceramah-ceramah," tuturnya.

Rumah adat Betawi merupakan lambang multikultural, yang merupakan perpaduan berbagai etnik di Jakarta. TEMPO/Bram Setiawan

Saat Tempo mengunjungi Silang Monas Barat Daya masih banyak aktivitas penataan acara. Beberapa replika rumah masih dalam tahap pengerjaan.

Atau ada yang sudah rampung, tapi masih penataan dekorasi. Keberadaan rumah-rumah replika itu pun memikat perhatian pengunjung untuk berfoto di pelataran replika rumah adat tersebut.

Saat malam, replika rumah adat Betawi itu pun tampak gemerlap karena tata cahaya yang disusun untuk menghiasi tampilannya. Tak cuma replika rumah adat Betawi yang khas di dari berbagai kawasan di Jakarta. Tapi juga Kepulauan Seribu, rumah adat dengan gerbang replika Jembatan Cinta.

"Kalau sudah tahu begini bahwa Betawi ini terlihat ornamen rumahnya, ada etnis Tionghoa, Jawa, Eropa, Islam," tuturnya di sela lokasi Lebaran Betawi. "Betawi sudah multikultural."

BRAM SETIAWAN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT