Inilah Bentuk Asli Motor Royal Enfield Chopper yang Dibeli Jokowi
TEMPO.CO | 21/01/2018 12:14
Inilah Bentuk Asli Motor Royal Enfield Chopper yang Dibeli Jokowi
Royal Enfield Bullet 350. Sumber: royalenfield.com

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli motor custom bergaya Chopper Land garapan Elders Garage dan Kick Ass Chopper. Motor tersebut mengusung konsep motor harian dengan frame yang disesuaikan untuk ukuran postur tubuh orang Asia. Motor Chopper tersebut menggunakan mesin Royal Enfield Bullet 350 yang diproduksi pada 2016.

Presiden Jokowi mengamati detail motor custom Chopperland di Istana Bogor, 20 Januari 2018. Jokowi membeli motor yang terbuat dari rangka Royal Enfield Bullet 350cc ini seharga Rp 140 juta. Foto: Rusman/Biro Pers Setpres

Salah satu founder Elders Garage, Adrianka, menyebutkan ide awal motor tersebut bermula dari rekannya yang ingin membuat motor chopper dengan ukuran yang pas untuk orang Asia. “Chopper kan konsepnya Amerika banget nih, ukurannya gede-gede, tapi liat ukuran postur orang Asia kan kecil-kecil. Jadi kita punya ide gimana kalau (ukuran motornya) disesuaikan postur orang Asia,” ujar Adrianka di bengkelnya pada Jumat, 19 Januari 2018.

Baca: Beli Chopper, Jokowi Ajak Bikers Touring ke Kalimantan atau Papua

Mesin Royal Enfield Bullet berkapasitas 350cc tersebut memang cocok untuk harian maupun digunakan perjalanan jauh (touring). Mesin ini menggunakan silinder Tunggal, 4 langkah, dengan busi ganda. Kapasitas asli mesin hanya 346cc konfigurasi overstoke dengan diameter piston 70 milimeter dan panjang langkah 90 milimeter. Pengabut bahan bakar masih konvensional menggunakan karburator vakum UCAL 29 mm.

Royal Enfield Bullet 350. Sumber: royalenfield.com

Motor Royal Enfield Bullet memiliki dimensi 2140 mm x 800 mm x 1030 mm. Motor pabrikan Inggris ini memiliki sumbu roda cukup panjang mencapai 1370 mm. Berat kosong mencapai 187 kilogram lebih berat dibandingkan motor kapasitas 250 buatan Jepang. Sedangkan kapasitas tangki bahan bakar 13,5 liter.

Baca: Ingin Custom Motor Ala Chopper Jokowi, Ini Perkiraan Biayanya

Pada pengereman Royal Enfield Bullet 350 masih menggunakan cakram pada bagian depan dan teromol pada bagian belakang. Kaki-kaki memakai ukuran yang berbeda dibandingkan motor yang beredar di Indonesia, yaitu 3.25 x 19 inchi pada bagian depan dan 3.25 x 19 inchi pada bagian belakang.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT