Mengenal Evening Primrose Oil untuk Mengobati Jerawat
TEMPO.CO | 07/07/2019 16:00
Ilustrasi evening primrose oil. Shutterstock
Ilustrasi evening primrose oil. Shutterstock

TEMPO.CO, JakartaJerawat tentu menganggu penampilan, bahkan bagi sebagian orang dapat mengurangi rasa percaya diri. Tentu tak sedikit yang mencoba banyak cara untuk mengobatinya. Salah satu bahan berkhasiat yang bisa kamu coba yaitu evening primrose oil.

Baca juga: Kenali 5 Jenis Bekas Jerawat dan Kiat Mengatasinya

Evening primrose oil ini memiliki bahan aktif utama asam gamolenic yang 100 persen anti inflamasi dan super menghidrasi kulit. Direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West, Amerika Serikat, Noelani Gonzalez, jerawat disebabkan oleh pori-pori yang meradang yang tersumbat oleh minyak, dan peningkatan hidrasi membantu meningkatkan penghalang pelindung kulit dari polutan dan kotoran.

Namun belum ada penelitian komprehensif yang membuktikan minyak evening primrose ini dapat membantu mengobati jerawat. "Ada beberapa penelitian yang menunjukkan hasil yang baik, tetapi ini hanya beberapa penelitian dan jumlah pasien yang terdaftar dalam penelitian ini sangat kecil," jelas Dr. Gonzalez. "Jadi, pada dasarnya diperlukan lebih banyak studi klinis diperlukan untuk mengatakan bahwa minyak itu bisa jadi pengobatan jerawat yang baik."

Noelani Gonzalez menambahkan evening primrose oil bisa digunakan untuk bahan tambahan ketika sedang menggunakan perawatan khusus jerawat yang menyebabkan kulit kering. Karena berkat sifat melembabkan minyak primrose, yang telah ditunjukkan dalam sebuah studi keci, dapat dikombinasikan dengan jenis obat jerawat tersebut.

Selain bermanfaat untuk melembapkan, evening primrose oil ini memiliki beberapa efek samping yang harus Anda ketahui. "Ini dapat berinteraksi dengan pengencer darah, obat tekanan darah tinggi, dan anti-depresi," kata Dr. Gonzalez seperti dilansir dari laman Women's Health. Jadi sebelum menggunakannya, Anda harus mendiskusikan penggunaannya dengan dokter Anda apakah minyak tersebut dapat memengaruhi kesehatan Anda atau tidak.

Karena penelitian tentang minyak evening primrose sebagai pengobatan jerawat sangat terbatas, dosis dan cara paling efektif untuk menggunakannya juga masih dalam pembahasan. Dr Gonzalez mengatakan minyak evening primrose dapat dicampur dengan minyak esensial lainnya, seperti minyak pohon teh atau minyak mawar, juga bisa menjadi pengobatan spot yang efektif untuk beberapa pasien.

Baca juga: Paula Verhoeven Cuek Wajahnya Berjerawat Selama Hamil

Setelah Anda mendapatkan persetujuan dari dokter, sebaiknya mulailah dengan jumlah kecil sebelum beralih ke dosis yang disarankan. Jka Anda menggunakannya secara topikal, oleskan ke bagian kecil kulit Anda untuk melihat bagaimana reaksinya sebelum menggunakannya di mana-mana.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT