5 Cara Atasi Demam Anak saat di Rumah
TEMPO.CO | 07/07/2019 10:41
Ilustrasi anak demam. saidsupport.org
Ilustrasi anak demam. saidsupport.org

TEMPO.CO, Jakarta - Tidak ada orang yang ingin mengalami demam. Peningkatan suhu tubuh hingga sakit di area badan dan kepala, tentu akan merugikan produktivitas seseorang.

Baca: Sering Diabaikan, Intip Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Anak

Meski demikian, bagi Anda yang mengalaminya tidak perlu khawatir. Sebab terdapat berbagai cara mudah yang bisa dilakukan, khususnya di rumah guna mempercepat kesembuhan. Melansir dari situs Times of India pada 6 Juli 2019, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Berendam di air hangat
Jika Anda berpikir bahwa cara efektif menurunkan demam ialah dengan berendam pada suhu air yang bertolak belakang dengan tubuh alias dingin, Anda salah. Sebab air dingin justru membuat suhu tubuh yang panas menjadi meningkat. Sebaliknya, dengan menggunakan suhu yang sama, yakni hangat, akan sangat baik untuk mempercepat kesembuhan demam.

2. Kompres dengan spons
Apabila dirasa kurang memungkinkan untuk mandi dengan air hangat, alternatif lain ialah dengan kompres. Dalam hal ini, kompres menggunakan spons pada bagian tubuh yang hangat seperti ketiak dan selangkangan. Anda juga bisa meletakkan kain lembab di dahi dan leher untuk membantu mengembalikan suhu tubuh normal.

3. Minum jahe hangat
Menyeduh dan mengkonsumsi secangkir jahe hangat juga terbilang efektif bagi pasien yang mengalami demam. Untuk membuatnya, cukup letakkan setengah sendok jahe cincang dalam 1 cangkir air matang. Saring ampas yang ada, lalu minum.

4. Makan makanan pedas
Tahukah Anda bahwa makanan pedas dapat pula menyembuhkan demam? Hal tersebut rupanya disebabkan oleh komponen utama cabai, yakni capsaicin. Dimana ia dapat membuat seseorang berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah dengan cepat. Oleh karena itu, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menaburkan cabai rawit ke dalam makanan Anda saat demam.

Baca: Penyakit Kawasaki, Penyakit yang Sering Terjadi Pada Usia 5 Tahun

5. Minum banyak air putih
Jagalah agar tubuh Anda tetap terhidrasi saat menderita demam. Minumlah setidaknya 8 hingga 12 gelas air sehari untuk membuat air seni Anda berwarna terang. Melakukan hal ini akan menggantikan hilangnya cairan dan mineral dari tubuh, serta mempercepat kesembuhan demam.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT