Anak Sulit Makan Sayur dan Buah? Ikuti Tips Mudah Ini
TEMPO.CO | 01/07/2019 05:30
Sekotak sayuran dipajang di kebun seluas 900 meter persegi di atap pusat pemilahan pos,  di Paris, Prancis, 22 September 2017. Kebun ini menanam buah-buahan, sayuran, tanaman aromatik dan obat-obatan. REUTERS/Charles Platiau
Sekotak sayuran dipajang di kebun seluas 900 meter persegi di atap pusat pemilahan pos, di Paris, Prancis, 22 September 2017. Kebun ini menanam buah-buahan, sayuran, tanaman aromatik dan obat-obatan. REUTERS/Charles Platiau

TEMPO.CO, Jakarta - Bagaimana asupan gizi anak Anda? Sudahkan kebutuhan karbohidrat, protein dan lemaknya terpenuhi? Tentunya, ini tidak hanya bisa ditemukan dari nasi dan lauk pauknya saja. Melainkan, sayur dan buah pun mengambil peranan yang tak kalah penting.

Baca: 5 Camilan Enak dan Sehat untuk Bekal Diet di Kantor

Sayangnya, bagi sebagian anak di Indonesia, minat dan keinginanya untuk makan buah dan sayur masih sangat minim. Untuk itu, dokter yang sekaligus Putri Indonesia Lingkungan 2010, Reisa Broto Asmoro membagikan beberapa tips mudah agar anak rajin mengkonsumsi sayur dan buah.

Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memulai kebiasaan untuk mengkonsumsinya sejak anak masih kecil. Dalam hal ini, Reisa mengatakan bahwa saat anak-anak baru mencoba makanan dan sayur serta buah menjadi menu utama, tentu mereka akan menyukainya.

“Harus memperkenalkan dari kecil. Kalau dari kecil anak-anak sudah terbiasa dengan sayur dan buah, dijamin pasti akan suka tanpa harus dipaksa,” katanya saat ditemui TEMPO.CO di Jakarta pada 30 Juni 2019.

Meski demikian, apabila anak Anda sudah lebih besar dan belum dibiasakan, Reisa juga memberi saran termudahnya. Ia meminta agar orangtua dapat memberikan contoh kepada anak. Sebab pada umumnya, ketidaktertarikan anak pada sayur dan buah umumnya terjadi lantaran orangtua mereka juga melakukan hal serupa. Oleh karena itu, biasakan makan sayur dan buah secara bersama-sama.

“Anak selalu mencontoh apa yang orangtuanya lakukan. Jadi kalau mau anak suka sayur dan buah saat apa pilihan makanan lain yang disukai, kuncinya ya orangtua juga ikut bersama-sama makan dengan anak. Pasti jadi suka,” katanya.

Yang terakhir, ia menyarankan untuk menyediakan sayur dan buah dengan cara dan rasa favorit anak. Karena biasanya, salah satu alasan terbesar anak tidak suka sayur dan buah karena rasanya yang kurang enak.

Baca: Bayam dan 7 Sayur Murah Ini Manfaatnya Selangit, Apa Favoritnya?

“Jika Anda mengolahnya dengan sesuatu yang disukai, misalnya di jus dan disajikan dengan keju. Atau mungkin diberi garnish (hiasan) dan topping yang lebih menarik, mereka lambat laun pasti mau,” katanya.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT