Bukan Cuma Romantis, Pegang Tangan Pasangan Bikin Anda Sehat
TEMPO.CO | 29/06/2019 20:06
Ilustrasi pegangan tangan (Pixabay.com)
Ilustrasi pegangan tangan (Pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Berpegangan tangan dengan pasangan ternyata tidak hanya membuat suasana makin romantis, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan Anda. Tidak percaya? Beberapa penelitian telah mengungkap sejumlah manfaatnya, mulai dari mengurangi stres hingga meningkatkan kesehatan jantung. Intip manfaat berikut.

Baca juga: Dikenal Cuek, Raditya Dika Bikin Kejutan Romantis untuk Istri

1. Komunikasi efektif

Psikolog DePauw University Indiana, Matthew Hertenstein, mengatakan bahwa berpegangan tangan adalah bentuk komunikasi nonverbal. Penelitiannya pada 2009 membuktikan bahwa sentuhan tangan dapat mengkomunikasikan emosi yang berbeda.

Dalam penelitian itu, ia  meminta peserta mengkomunikasikan apa pun yang mereka rasakan dengan menyentuh peserta lain. Hal yang menarik, 75 persen penerima memahami dengan benar apa yang sedang disampaikan kepada mereka. Jadi, jika Anda ingin mengekspresikan perasaan Anda yang sebenarnya kepada pasangan, cobalah sentuh tangannya.

2. Meningkatkan hormon oksitosin

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California Los Angeles menunjukkan bahwa sentuhan tangan mendorong produksi oksitosin atau hormon cinta. Hormon ini bisa meningkatkan empati, kepercayaan, dan bahkan aktivitas seksual pada pasangan.

3. Mengurangi stres

Percaya atau tidak, berpegangan tangan juga bisa mengurangi stres. Ini bisa Anda buktikan saat menonton film horor. Begitu merasa takut, secara otomatis Anda menyentuh tangan pasangan dan merasa lebih nyaman. Sebuah studi yang dilakukan oleh psikolog klinis Dr. James Coan menyimpulkan bahwa aktivitas ini membantu Anda rileks dan terhindar dari stres.

4. Menghilangkan sakit

Penelitian yang dilakukan University of Colorado Boulder, dan beberapa penelitian lain, membuktikan bahwa berpegangan tangan membantu meringankan rasa sakit tubuh dan bahkan menyinkronkan jantung dan laju pernapasan Anda.

Baca juga: Gaya Mesra Jokowi versus Sandiaga Uno, Mana Lebih Romantis?

5. Menyehatkan jantung

Menurut penelitian yang dimuat di jurnal Behavioral Medicine, berpegangan tangan membantu mengurangi tekanan darah dan juga memberikan sensasi nyaman. Inilah yang membuat jantung Anda tetap sehat.

Jadi, jangan lupa berpegangan tangan dengan pasangan agar fisik dan mental Anda tetap sehat.

TIMES OF INDIA | PSYCHOLOGY TODAY


 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT