5 Manfaat Berkebun, Mengurangi Stres hingga Tidur Lebih Nyenyak
TEMPO.CO | 29/06/2019 10:32
Ilustrasi urban farming/berkebun di perkotaan. Shutterstock
Ilustrasi urban farming/berkebun di perkotaan. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Hobi berkebun ternyata mendatangkan banyak manfaat. Sejumlah penelitian bahkan telah membuktikan keuntungan berkebun dari segi kesehatan mental hingga fisik. Penasaran apa saja?

Baca juga: Mau Punya Kebun Hidroponik Tapi Lahan Terbatas? Coba 4 Ide Ini

Melansir dari Times of India dan Health.com, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Mengurangi Stres

Banyak ahli yang menghubungkan aktivitas berkebun dengan menurunnya tingkat stres. Mengapa demikian? Sebab dengan melihat cantiknya tumbuhan atau sayuran yang terus berkembang dan berbuah, dapat menciptakan kebahagiaan tersendiri. Sehingga tak heran, berkebun pun menjadi salah satu bagian terapi kekacauan hati, kecemasan, dan depresi.

2. Mendewasakan

Apakah Anda termasuk orang yang perfeksionis alias ingin segala sesuatunya terlihat sempurna? Jika ya, berkebun dapat mengajarkan Anda tentang makna kehidupan yang sesungguhnya. Di mana segala sesuatu tidak selalu bisa sesuai keinginan, meski Anda telah mencurahkan semua kemampuan. Jika Anda terus memaksa, frustrasi dan kehilangan peluang lain tentu bisa dirasakan. Jadi, berkebun adalah salah satu cara terbaik untuk mendewasakan pola pikir Anda.

3. Memperluas koneksi

Hobi ini tidak hanya berhubungan dengan Anda dan kebun, tapi bisa pula menciptakan koneksi bersama orang-orang baru. Contohnya saja saat Anda menghadiri acara atau sekadar berbelanja alat-alat berkebun, Anda tentu akan bertemu dengan mereka yang memiliki hobi serupa. Ketika Anda dan orang tersebut berbicara, pasti tidak akan membosankan karena topik dan kesukaan yang sama. Tidak melepas kemungkinan pula jika ke depannya, mereka bisa membantu Anda dalam perkara lainnya.

3. Bagian dari olahraga

Mencangkul, mengambil pupuk, menanam tumbuhan, seluruhnya tentu membutuhkan gerakan dari tubuh Anda. Secara tidak langsung berkebun juga menyehatkan tubuh. Bahkan, penyakit seperti osteoporosis pun bisa dihindari karena aktivitas fisik ini. Sebuah penelitian menunjukkan 3.310 wanita lanjut usia yang terlibat dalam kegiatan berkebun bahkan mempunyai kadar osteoporosis lebih rendah dari mereka yang melakukan lari kecil, berenang, dan aerobik.

Baca juga: Berkebun Bisa Redakan Stres, Ada 5 Faktor Positifnya

4. Tidur lebih nyenyak

Keuntungan kesehatan mental yang didapat dari berkebun lainnya adalah menciptakan tidur yang nyenyak. Hal ini didukung dengan berkembangnya terapi hortikultura yang membantu orang-orang dengan kelainan pola tidur untuk bisa berdamai dengan sekitarnya. Rupanya, kelelahan pada tubuh setelah berkebun menjadi dorongan untuk tidur lebih cepat dan berkualitas.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | TIMESOFINDIA | HEALTH.COM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT