Cek Sebelum Coba, Tanaman Patah Tulang Bisa Atasi Tulang Patah?
TEMPO.CO | 26/06/2019 04:31
Ilustrasi anak terluka/patah tulang. Shutterstock.com
Ilustrasi anak terluka/patah tulang. Shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Namanya sama, adakah hubungan antara tanaman patah tulang dengan tulang yang patah. Sebagian orang meyakini, tumbuhan yang berupa rating yang seperti disambung-sambung itu dapat mengobati patah tulang atau fraktur.

Baca juga: Selain Tulang, Kanker Paru-paru Bisa Menyebar ke Organ Apa Saja?

Tanaman perdu ini digunakan masyarakat di Pulau Jawa untuk patah tulang. Caranya  
adalah dengan mengaplikasikan dan menggosokkan getahnya ke area tubuh yang mengalami fraktur.

Seperti yang disebutkan di atas, khasiat didapatkan dari getahnya, bukan daun patah tulang. Bagi Anda yang baru mengetahui hal ini, bisa jadi kabar tersebut menjadi angin segar untuk menyembuhkan patah tulang.

Tanaman patah tulang (Sehatq.com)

Tapi keyakinan itu perlu pembuktian ilmiah. Anda juga harus berhati-hati dengan tanaman patah tulang ini. Jika mengenai mata, getahnya dapat mengakibatkan kebutaan sementara yang dapat berlangsung hingga beberapa hari hingga kebutaan permanen.

Pengobatan medis dari dokter tetap harus menjadi langkah utama Anda dalam menyembuhkan patah tulang. Tindakan yang diambil dokter tentunya akan bergantung pada tingkat keparahan cedera fraktur yang Anda alami.

Penanganan medis yang dilakukan bisa berupa closed reduction maupun open reduction. Closed reduction adalah prosedur yang tidak memerlukan operasi untuk mengembalikan tulang ke posisi semula. Sementara open reduction merupakan penanganan dengan prosedur operasi.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tulang Dengan 5 Langkah Mudah Ini

Bukan hanya patah tulang, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk segala masalah kesehatan.

SEHATQ.COM

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT