Malas Berhubungan Intim Salah Satu Ciri Pria Kurang Subur?
TEMPO.CO | 22/06/2019 07:20
ilustrasi pria sendiri (pixabay.com)
ilustrasi pria sendiri (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Kesuburan atau infertilitas adalah hal yang sangat penting bagi pria dan wanita. Kesuburan dapat berpengaruh pada kemungkinan seseorang untuk memiliki keturunan. Sayangnya hingga kini, masih banyak pria yang pengetahuan tentang kondisi kesuburannya sangat minim. Agar segera mendapatkan pertolongan, situs Health Line dan Mayo Clinic pun membagikan tanda utama pria yang infertil. Berikut adalah lima diantaranya.

Baca: Pria Juga Bisa Alami Depresi Pasca-Persalinan, Ini Sebabnya

1. Perubahan hasrat seksual
Kesuburan pria selalu dikaitkan dengan kesehatan hormon dan hasrat seksualnya. Oleh karena itu, apabila Anda merasa malas diajak berhubungan badan dengan istri, bisa jadi Anda mengalami masalah ketidaksuburan.

2. Nyeri dan bengkak di area testis
Nyeri dan bengkak di area testis sering dikaitkan dengan infertilitas. Jadi, sering-seringlah memperhatikan rasa dan bentuk dari testis Anda. Apabila terjadi perubahan, segera hubungi dokter.

3. Mengalami masalah untuk mempertahankan ereksi
Sama halnya dengan hasrat seksual, kadar hormon pada pria juga sering dikaitkan dengan kemampuannya dalam mempertahankan ereksi. Jika alat vital turun dengan cepat atau bahkan tidak berdiri sama sekali, ini dapat menjadi indikasi infertilitas.

4. Masalah dengan ejakulasi
Apabila Anda mengalami kesulitan untuk orgasme dan mengeluarkan air mani setelah melakukan aktivitas seksual atau mengalami stimulasi penis dalam waktu singkat, Anda mungkin mengalami ketidaksuburan. Segera konsultasikan kepada ahli agar mendapat perawatan sedini mungkin.

Baca: 5 Karakter Pria Idaman Para Wanita, Anda Termasuk?

5. Testis berukuran kecil dan terasa keras
Testis berguna untuk menampung sperma pria. Sehingga umumnya saat subur, ini akan berukuran besar dan kenyal. Namun sebaliknya, apabila testis berukuran kecil dan keras, mungkin adalah suatu indikasi infertilitas yang harus segera dieksplorasi oleh seorang praktisi medis.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | HEALTHLINE | MAYOCLINIC


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT