Selain Diminum, Ini 5 Manfaat Kopi Lainnya
TEMPO.CO | 07/06/2019 16:45
ilustrasi kopi (pixabay.com)
ilustrasi kopi (pixabay.com)

TEMPO.CO, JakartaKopi merupakan minuman paling populer saat ini di dunia, melebihi popularitas teh. Selain sebagai minuman, kopi punya banyak kegunaan lainnya mulai dari untuk perawatan tubuh, penghilang bau tak sedap, hingga pupuk alami.

Baca: 5 Olahan dari Kopi Sisa, Bisa Diolah jadi Pancake

Simak apa saja kegunaan kopi selain sebagai minuman di bawah ini.

1. Sebagai pupuk alami
Ampas kopi memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk menyuburkan tanaman. Di dalam setiap ampas kopi terdapat kandungan magnesium, fosfor, potasium, tembaga, dan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh baik. Bahkan, ampas kopi dapat menghalau flora parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Penggunaannya pun mudah, sebab Anda dapat langsung menaruh ampas kopi di atas tanah tanpa harus memproses terlebih dahulu.

2. Penangkal bau-bauan tak sedap
Kopi merupakan pengusir bau yang ampuh sekaligus mampu memberikan aroma sedap. Sifat karbon aktif dalam kopi yang higroskopis membuatnya mampu menyerap bau-bauan di sekitarnya. Di waktu yang sama, kopi memiliki aroma khas yang sedap. Sehingga, kopi dalam bentuk bubuk maupun sudah menjadi ampas, dapat digunakan untuk mengusir bau di ruangan, lemari, sepatu, kulkas, hingga digunakan untuk mengusir bau di tangan.

3. Scrub alami
Ampas atau bubuk kopi merupakan bahan eksfoliasi alami. Kopi memiliki kandungan dicaffeolyquinic acid yang merupakan antioksidan alami. Ini menyebabkan ampas atau bubuk kopi dapat digunakan sebagai perawatan kulit alami mulai dari wajah hingga kaki. Untuk mengolahnya menjadi scrub, Anda dapat mencampur bubuk atau ampas kopi dengan minyak zaitun lalu membalurkannya ke kulit.

Baca juga: Jangan Asal Minum Kopi Selama Libur Lebaran

4. Mengusir hama seperti semut, hingga tikus
Aroma ampas kopi yang cukup tajam mampu mengusir semut dan tikus dari dapur Anda. Kebanyakan hewan tidak menyukai aroma kopi yang menyengat sehingga akan menjauhi daerah tersebut. Anda cukup menaburkan kopi di daerah yang kerap menjadi wilayah perlintasan semut dan tikus supaya tak kembali lagi ke dapur Anda.

5. Elemen dekorasi
Biji kopi dapat menjadi salah satu elemen dekorasi yang memikat. Anda dapat menaruh biji kopi di dalam vas bening atau wadah kaca untuk menghias ruangan. Aromanya juga dapat menyegarkan ruangan tempat biji kopi tersebut diletakkan. Anda juga dapat menggunakan biji kopi sebagai elemen dekoratif foto supaya tampilannya lebih memikat.

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT