4 Trik Buat Perjalanan Menembus Arus Balik Lebaran Berkesan
TEMPO.CO | 06/06/2019 08:25
Ilustrasi mudik. Shutterstock
Ilustrasi mudik. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Lebaran usai, seluruh agenda bersilahturahmi dengan sanak saudara dan sahabat sudah terlaksana dengan baik, dan kini bersiap untuk balik ke Ibu Kota. Banyak orang merasa menempuh arus balik lebaran terasa tidak menyenangkan karena dana yang kian terbatas, habis untuk merayakan lebaran di kampung halaman.

Baca: Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 8-9 Juni

Berikut tips agar perjalanan menembus arus balik tetap berkesan meski dana terbatas:

1. Wisata kuliner
Di arus balik ini, Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan momen berkesan dengan mencicipi aneka kuliner khas dari daerah yang Anda lewati. Anda bisa mengunduh Peta Kuliner Trans-Jawa yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, yang menyediakan referensi makanan yang bisa Anda coba dan pas di kantong. Tapi, sebelum memesan makanan, sebaiknya Anda bertanya dulu mengenai harga yang dibanderol untuk setiap porsi makanan agar tak melebihi budget yang Anda siapkan.

Baca juga: 5 Cara Terhindar dari 'Getok' Warung Tenda

2. Kunjungi objek wisata terdekat
Meski memiliki dana terbatas, Anda tetap dapat mengunjungi beberapa objek wisata terdekat yang dilalui jalur Trans-Jawa. Banyak objek wisata tersebar di wilayah jalur Trans-Jawa, mulai dari wisata alam, religi, hingga museum, yang seru dan tetap ramah di kantong. Di timur pulau Jawa, Anda bisa menjajal Wisata Petik Kurma di Kabupaten Pasuruan hanya dengan merogoh kocek Rp 5 ribu. Di Nganjuk, Anda bisa mendatangi Air Terjun Sedudo di kecamatan Kertosono.

3. Staycation di kota yang disinggahi
Manfaatkan momen arus balik lebaran ini untuk singgah lebih lama, betul-betul menikmati liburan dengan menginap di kota yang Anda singgahi. Berkat kecanggihan teknologi, Anda hanya membutuhkan smartphone untuk memesan akomodasi terdekat dengan kualitas yang baik dan harga yang nyaman di kantong. Bayu Seto, Region Head Java OYO Indonesia memastikan ada 195 mitra OYO yang tersebar di jalur mudik Trans-Jawa seperti Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya, hingga kota-kota di sepanjang pesisir timur seperti OYO 599 Bandung Permai di Jember, OYO 289 Dalwa Syariah di Pasuruan, dan OYO 587 Sinar Harapan di Probolinggo. "Seluruh akomodasi OYO terstandarisasi untuk menjaga kualitas dengan harga terjangkau," kata dia.

4. Cari permainan-permainan seru saat terjebak macet
Ada banyak permainan sederhana yang bisa dimainkan bersama-sama ketika terjebak macet. Misalnya, permainan 'ABC 5 Dasar', tebak plat nomor. Anda dapat mengembangkannya dengan mengambil huruf terakhir setiap plat nomor yang ditemui lalu menyebutkan kira-kira apa kepanjangan dari huruf tersebut. Contoh, RAP adalah singkatan dari “Rindu Aku Padamu”, dan DAL bisa menjadi “Duh Aku Laper”.

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT