Penyakit ISPA Sering Menyerang saat Lebaran, Cegah dengan Ini
TEMPO.CO | 02/06/2019 18:21
Ilustrasi batuk. huffingtonpost.com
Ilustrasi batuk. huffingtonpost.com

TEMPO.CO, Jakarta - Setelah menjalani puasa Ramadan sebulan, ditambah perjalanan mudik yang melelahkan, daya tahan tubuh cenderung menurun. Kondisi ini membuat tubuh mudah terkena penyakit. Salah satu penyakit yang sering datang saat Lebaran adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Baca juga: Tips Supaya Tubuh Tetap Fit di Hari-hari Terakhir Ramadan

"Biasanya dipengaruhi daya tubuh menurun, akibat kurangnya istirahat serta mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung santan secara berlebihan saat Lebaran," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Minggu.

Ia mengatakan ISPA merupakan infeksi yang mengganggu pernapasan yang umumnya disebabkan oleh virus. Virus itu dapat menyerang area hidung, trakea, dan paru-paru. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat mengurangi makan makanan berlemak yang menjadi ciri khas pada hari raya di Kepulauan Riau, seperti rendang, opor ayam, dan "seafood".

Sebagai penggantinya, Tjetjep menyarankan masyarakat memperbanyak konsumsi buah-buahan, makanan yang mengandung protein, seperti ikan serta meminum air putih delapan gelas setiap hari. "Jangan lupa juga untuk aktif cek kesehatan ke dokter atau puskesmas terdekat saat Lebaran," kata dia.

Tjetjep juga mengimbau warga yang melaksanakan mudik supaya membawa obat-obatan untuk menjaga kesehatan. Karena, kata dia, selain ISPA, saat Lebaran penyakit hipertensi juga rentan menyerang masyarakat.

Baca juga: Jokowi Rapikan Rambut Sambut Lebaran, Ini Waktu yang Disarankan

"Intinya tetap jaga pola makan dan istirahat selama mudik. Lebaran memang setahun sekali, tetapi kondisi kesehatan tubuh juga harus menjadi perhatian utama masyarakat," kata dia.

ANTARA 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT