Mudik, Hewan Peliharaan Sebaiknya Dibawa atau Ditinggal?
TEMPO.CO | 30/05/2019 10:55
Ilustrasi anjing dan kucing. shutterstock.com
Ilustrasi anjing dan kucing. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Beberapa hari menjelang Lebaran, masyarakat perkotaan mulai meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman. Lalu, bagaimana dengan hewan peliharaan di rumah, sebaiknya dibawa atau ditinggalkan?

Baca juga: Awas Stroke, Dokter Ingatkan Lansia Hindari Dehidrasi saat Mudik

Ada sebagian orang yang memilih membawa serta hewan peliharaan, tapi ada juga yang meninggalkannya di tempat penitipan hewan.

Pemilik klinik hewan sekaligus dokter hewan, Cut Nurmaini, menuturkan sebetulnya hewan peliharaan boleh saja dibawa dalam perjalanan mudik, khususnya untuk kucing dan anjing. Namun, kata dia, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan apabila ingin membawa hewan bepergian, salah satunya memastikan jaraknya tidak terlalu jauh. Tentu mereka juga harus dalam keadaan sehat. 

Selain itu, Nurmaini menganjurkan agar pemilik hewan menggunakan mobil pribadi sehingga tidak mengganggu orang lain. “Pemilik hewan juga perlu menyiapkan multivitamin, dan membawa makanan yang berkualitas untuk hewan mereka. Adapun suhu mobil harus dingin sedemikian rupa,” kata Nurmaini.

Meski begitu, tidak semua hewan bisa dibawa bepergian, terlebih jaraknya jauh.  Menurut Nurmaini, jika hewan peliharaan tersebut tidak terbiasa bepergian apalagi dengan jarak dan waktu tempuh yang lama, sebaiknya hewan tersebut jangan dibawa. Pasalnya, perjalanan jauh akan membuat hewan peliharaan kelelahan dan sakit. Hewan tersebut bisa dititipkan kepada kerabat atau tempat penitipan.

Menurut Nurmaini, saat ini banyak penyedia jasa penitipan hewan peliharaan apabila majikannya ingin bepergian dalam jangka waktu lama. Namun, beberapa hal yang harus diperhatikan. Apabila hewan peliharaan tersebut ingin dititipkan, Nurmaini menganjurkan agar pemilik memastikan kesehatan dan sudah divaksinasi.

Baca juga: 
Bayi Baru Lahir Boleh Dibawa Mudik, Simak 4 Tips dari Dokter Anak

Kemudian, pemilik hewan juga harus memastikan tempat untuk menitipkan hewan juga harus mendukung. “Paling tidak ada kandang, pasir untuk kucing, pakan, dan vitamin,” kata Nurmaini.

 

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT