8 Khasiat Teh Herbal, Bikin Awet Muda hingga Meringankan Stres
TEMPO.CO | 20/05/2019 05:51
Ilustrasi teh spearmint. shutterstock.com
Ilustrasi teh spearmint. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Gaya hidup perkotaan yang penuh tekanan dan polusi memunculkan banyak masalah kesehatan. Itu sebabnya Anda harus pandai-pandai menjaga kondisi tubuh, salah satunya dengan rajin meminum teh herbal.

Baca juga: Sudah Coba Minum Teh Putih? Intip 8 Khasiatnya

Minuman ini diyakini punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, asalkan dibuat dengan bahan yang tepat dan metode yang benar. Beberapa manfaat teh herbal antara lain  mengurangi masalah pencernaan, detoksifikasi, dan penurunan berat badan.

Selain untuk kesehatan, kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin teh herbal membantu tubuh tetap rileks dan menjaga pikiran tetap segar. Jika teh herbal yang Anda minum 100 persen terbuat dari alami, berikut adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan.

1. Detoksifikasi

Teh herbal adalah minuman tepat jika Anda ingin mendetoksifikasi tubuh Anda. Mengingat banyaknya racun dan zat berbahaya yang masuk ke tubuh, Anda membutuhkan detoksifikasi secara teratur agar tetap sehat.

2. Menurunkan berat badan

Tidak peduli seberapa langsing seseorang, ia selalu ingin menurunkan berat badannya. Teh herbal kaya akan bahan-bahan fungsional seperti serat alami pysillium husk, adas, dan serai membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Antioksidan dan vitamin yang ditemukan dalam teh herbal sangat baik untuk membantu melawan penyakit dan infeksi, melindungi terhadap stres oksidatif, dan menurunkan risiko penyakit kronis. Beberapa teh herbal penambah kekebalan terbaik adalah elderberry, echinacea, jahe, dan akar manis.

4. Anti-penuaan

Antioksidan yang ditemukan dalam teh herbal membantu memperlambat proses penuaan, juga mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mengembalikan usia sel-sel tubuh. Ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

5. Membantu pencernaan

Secangkir teh herbal setelah makan membantu mencerna makanan Anda dengan mudah. Teh herbal yang kaya akan spearmint yang menghaluskan sistem pencernaan dan bertindak sebagai penekan nafsu makan, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

6. Meringankan peradangan

Teh herbal mengandung sifat anti-inflamasi untuk membantu meringankan segala sesuatu mulai dari gangguan pencernaan dan radang sendi hingga sakit kepala dan wasir. Teh herbal seperti teh peppermint, jahe, kunyit, dan eucalyptus sangat bagus untuk masalah peradangan.

7. Meringankan stres

Beberapa jenis teh seperti teh chamomile dapat meringankan stres dan insomnia. Teh ini juga menenangkan pikiran dan melepaskan bahan kimia di otak yang melawan stres dan depresi, juga dapat bertindak sebagai antidepresan ringan bagi mereka yang menderita depresi. 

Baca juga: Minuman Teh Menambah Kreativitas, Tapi...

8. Mual

Sebagian orang sering merasa mual karena sebab tertentu. Minuman teh herbal diyakini dapat meringankan gejala tersebut. Para ibu hamil yang sering merasa mual di pagi hari juga dapat meminum teh ini untuk meringankannya. 

TIMES OF INDIA | HEALTHLINE


 

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT