Sering Disebut Penyakit Kronis, Jenis Diabetes ini Ternyata Bisa Sembuh
TEMPO.CO | 09/05/2019 23:05
Ilustrasi diabetes (pixabay.com)
Ilustrasi diabetes (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Diabetes selalu dikenal masyarakat luas sebagai penyakit kronis. Artinya, pasien yang telah dinyatakan diabetes tidak bisa sembuh dan harus seterusnya menjaga pola makan yang berhubungan dengan gula hingga tutup usia. Benarkah?

BacaAwas, Penderita Diabetes Rentan Dehidrasi saat Berpuasa

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, Sidartawan Soegondo, hal tersebut tidak benar sepenuhnya. Sebab, terdapat empat jenis diabetes
yaitu tipe 1, tipe 2, gestasional, dan tipe lain. Hanya diabetes tipe 1 dan 2 yang dapat dikategorikan sebagai penyakit kronis. Sedangkan untuk diabetes gestasional dan tipe lain, ini sangat mungkin disembuhkan.

“Masyarakat masih terkurung dengan pandangan akan dua jenis diabetes, yaitu tipe satu dan tipe dua. Tidak salah. Tapi jangan menyamaratakan hasil akhirnya,” katanya dalam acara media gathering yang bertajuk Penderita Diabetes di Perkotaan pada Kamis, 9 Mei 2019.

Penyandang diabetes tipe 1, yang umumnya anak-anak dan remaja, mengalami kerusakan pada semua sel beta di kelenjar pankreas. Sehingga, satu-satunya cara untuk mengobatinya ialah dengan menyuntikkan insulin.

“Karena sel beta sudah rusak semua dan tidak dapat diregenerasi, jadi memang harus selalu dibantu dengan insulin agar kelenjar pankreas tetap bekerja. Itulah mengapa, tipe satu disebut kronis,” katanya.

Sama halnya dengan diabetes tipe satu, tipe dua juga membutuhkan dukungan insulin. Namun, untuk diabetes tipe ini, umumnya terjadi pada orang dewasa lanjut usia. Sebab, semakin bertambahnya usia dan gaya hidup yang buruk, produksi insulin pun menurun.

“Tipe dua juga disebut kronis karena harus dibantu penyuntikan insulin. Tapi kalau yang tadi sama anak-anak, yang ini sama orang tua. Dan ini adalah tipe diabetes terbanyak yang diderita masyarakat. Sekitar 90 persen,” katanya.

Sedangkan diabetes gestasional hanya muncul selama proses kehamilan dan kemudian hilang setelah melahirkan. Meski demikian, bisa juga diabetes tersebut tinggal dan menetap setelah proses persalinan. “Tapi untuk tipe ini, penyembuhan dapat dilakukan dengan mudah,” katanya.

Yang terakhir ialah diabetes tipe lain. Sama halnya dengan diabetes gestasional, diabetes tipe lain juga dapat disembuhkan. Umumnya, ini akan muncul saat seseorang mengalami penyakit lain, biasanya ada infeksi berat di dalam tubuh. "Diabetes bisa ikut nimbrung. Tapi ya sama seperti gestasional, karena disebabkan oleh hal yang tidak mempengaruhi keseluruhan tubuh dan opsional alias jarang-jarang, ya bisa disembuhkan,” katanya.

Baca: Kelak, Diabetes Dapat Disembuhkan Sendiri oleh Tubuh Manusia

Jadi, Sidartawan menyarankan agar tidak memukul rata penyakit ini. “Jangan skeptis dulu. Diperiksakan saja. Kalau memang bukan tipe 1 dan 2, kemungkinan sembuhnya besar kok,” katanya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT