4 Kebiasaan Buruk Sehari-Hari yang Tidak Baik untuk Kesehatan
TEMPO.CO | 09/05/2019 05:35
Ilustrasi wanita menggigit kuku. shutterstock.com
Ilustrasi wanita menggigit kuku. shutterstock.com

TEMPO.CO, JakartaKebiasaan buruk apa yang sering Anda lakukan? Membunyikan tangan kah? Atau yang paling umum, tidur hingga larut malam kah? Apabila Anda melakukan hal-hal ini, sebaiknya segeralah berubah. Kebiasaan tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh Anda.

Baca: Kebiasaan Buruk Ini Buat Anda Terlihat Tidak Profesional di Kantor

Melansir dari Web MD, berikut adalah beberapa kebiasaan buruk dan dampaknya bagi Anda.

1. Membunyikan jari tangan
Sesering apakah Anda membunyikan jari tangan hingga mengeluarkan suara ‘krek’? Jika sering, ini adalah waktu yang tepat untuk Anda berhenti melakukannya. Sebab, selain mengganggu teman dan rekan kerja di sekitar Anda, ini juga dapat memberikan dampak buruk bagi jari Anda. Cairan sinovial yang berfungsi untuk membuat sendi bergerak dengan mudah akan terputus saat Anda membunyikan jari. Sehingga, akan sangat menungkinkan bagi tangan menjadi bengkak hingga kemampuan mencengkram yang semakin melemah.

2. Menggigit kuku
Selain menimbulkan kerusakan pada gigi, menggigit kuku juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit di sekitar alas kuku Anda. Lebih dari itu, Anda juga mungkin mendapatkan lebih banyak pilek dan penyakit lain ketika Anda memasukkan jari-jari Anda. Sebab, secara langsung Anda membawa kuman ke dalam mulut Anda.

Jika tujuan menggigit kuku adalah untuk kerapihan, lebih baik gunakan potongan kuku atau pergi ke salon kecantikan. Tapi, jika ini dilakukan karena kebiasaan, coba alihkan pada hal baru yang lebih bermanfaat seperti berolahraga.

3. Tidur hingga larut malam
Waktu tidur di malam hari yang dianjurkan oleh para ahli ialah tujuh hingga delapan jam per hari. Apabila Anda tidur hingga larut malam dan pada pagi harinya harus melakukan aktivitas seperti sedia kala, ini tentu akan merusak siklus pada tubuh Anda. Sehingga, sangat mungkin bagi Anda untuk terserang diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan depresi. Jadi, apabila dirasa kurang penting, sebaiknya tinggalkan aktivitas Anda pada malam hari dan segeralah bergegas tidur.

Baca: Tips Mengatasi 6 Kebiasaan Buruk Anak

4. Menggunakan headphone dengan volume tinggi
Seberapa seberapa besar volume headphone yang Anda gunakan? Menurut para ahli, cara terbaik untuk menjaga pendengaran Anda ialah dengan memilih volume di bawah 75 desibel atau tidak lebih dari suara penyedot debu. Mereka juga menyarankan hanya menggunakannya selama satu jam per harinya. Ini ditujukan agar Anda tidak mengalami penurunan fungsi telinga sejak dini.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | WEBMD


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT