5 Cara Alami Mengembalikan Kesehatan Rambut
TEMPO.CO | 27/04/2019 18:45
Ilustrasi perawatan rambut (pixabay.com)
Ilustrasi perawatan rambut (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Penataan rambut seperti catokan, pewarnaan, atau hairdryer bisa menyebabkan kerusakan rambut. Karena itu, diperlukan perawatan khusus. Sayangnya, produk perawatan yang dijual di pasaran tak selamanya cocok dengan kondisi rambut sendiri. Akibatnya, bukannya menyehatkan, produk-produk kimia itu justru akan semakin merusak rambut.

Baca: Tanda Rambut Rontok Parah dan Simak Cara Merawatnya

Seperti yang dilansir dari Health Line, berikut adalah empat cara mudah untuk mengembalikan rambut sehat Anda. 

1. Minyak zaitun

Ada dua pilihan cara yang bisa Anda gunakan, yang pertama yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun hangat ke seluruh kulit kepala dan kemudian tutup dengan handuk hangat. Setelah itu diamkan selama 30 menit atau semalaman dan terakhir bersihkan dengan sampo dan kondisioner.

Cara kedua adalah dengan mencampurkan seperempat cangkir minyak zaitun dengan setengah cangkir madu. Campuran ini dioleskan pada rambutmu. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat dan terakhir bersihkan dengan sampo.

2. Alpukat

Buah alpukat memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menjaga kesehatan rambut. Caranya yaitu dengan mencampurkan daging buah alpukat (secukupnya) dengan 1 sampai 2 sendok teh minyak zaitun. Kemudian blender sampai halus dan oleskan pada rambut kamu. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bilas hingga bersih.

Selain itu, bisa coba cara kedua dengan melumatkan 1 buah alpukat matang dicampur dengan 1 kuning telur dan santan secukupnya. Aduk hingga merata dan berbentuk pasta, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala. Jangan lupa berikan pijatan selama kurang lebih 5 menit dan diamkan selama 1 jam. Terakhir, bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa.

3. Minyak rambut dari bunga kembang sepatu

Siapa yang sangka bunga kembang sepatu ternyata memiliki manfaat untuk mengembalikan kesehatan rambut. Caranya yaitu dengan merebus 8 sampai 10 bunga kembang sepatu dengan 1 cangkir minyak kelapa sampai hangus, saring dan diamkan hingga dingin, oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut. Jangan lupa berikan pijatan-pijatan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan sampo.

Ada juga cara kedua, yaitu dengan menghaluskan 3 sampai 4 daun bunga sepatu dan kelopak 2 bunga kembang sepatu. Beri sedikit air dan kemudian oles ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Pisang

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan si kuning buah pisang. Caranya pun sangat mudah. Cukup menghaluskan buah pisang yang matang secukupnya, oleskan ke seluruh bagian rambut, dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Kemudian bilas dengan meggunakan air hangat.

Ada juga cara kedua, yaitu dengan membuat masker rambut dari buah pisang. Caranya yaitu mencampurkan 2 buah pisang matang dengan masing-masing 1 sendok makan minyak kelapa, madu, dan minyak zaitun. Campur hingga merata, oleskan pada seluruh bagian rambut, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Baca: Intip 3 Tren Gaya Rambut Pria 2019

HEALTH LINE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT