Mana yang Lebih Jorok, Ponsel, ATM, atau Toilet Umum?
TEMPO.CO | 23/04/2019 13:00
Mana yang Lebih Jorok, Ponsel, ATM, atau Toilet Umum?
Ilustrasi mesin ATM (Pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Pernah mendengar bahwa layar ponsel cerdas lebih kotor daripada dudukan toilet? Ternyata, ada benda lain yang sama kotornya dengan layar ponsel dan dudukan toilet, yaitu anjungan tunai mandiri atau ATM. 

Baca: 5 Hal Soal Miss V: Urusan Toilet Umum, Sabun, sampai CD Berenda

Sebuah studi menunjukkan bahwa keyboard mesin ATM sama kotornya dengan  dudukan toilet umum, bahkan mungkin lebih. Hasil tes menunjukkan bahwa mesin itu sarat dengan kuman dan bakteri yang bisa membuat seseorang terjangkit penyakit.

Studi ini dilakukan oleh sekelompok peneliti asal Inggris untuk BioCote, produsen produk antibakteri. Mereka mengambil sampel dari keyboard ATM dan dudukan toilet umum, lalu membandingkan keduanya. Hasilnya, para ilmuwan menemukan bahwa swab dari kedua tempat itu mengandung bakteri yang berpotensi menyebabkan kembung dan diare pada manusia.

"Kami terkejut dengan hasil kami karena mesin ATM terbukti sangat terkontaminasi bakteri; setingkat dengan toilet umum di dekatnya,” kata peneliti Richard Hastings, ahli mikrobiologi untuk BioCote, dikutip Times of India, Senin, 22 April 2019.

Selain itu, mereka juga melakukan penelitian terhadap telepon umum. Dan ternyata perangkat itu juga menjadi sarang kuman. "Tidak hanya karena benda ini dipegang oleh orang yang berbeda setiap hari, tetapi handset kemudian dipegang dekat dengan hidung dan mulut orang,” ujar Richard.

Sebenarnya banyak orang yang meragukan hasil penelitian ini karena dilakukan oleh perusahaan penjual antibakteri. Tapi, tidak ada salahnya mencuci tangan setelah menggunakan mesin ATM atau telepon umum, kan?

Baca: Penelitian: Stir Kemudi Mobil Lebih Kotor dari Kursi Toilet

TIMES OF INDIA | THE SUN


 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT