Intip Cara Benar Menyimpan Buah Menurut Ahli Gizi
TEMPO.CO | 03/03/2019 12:15
Ilustrasi buah dan sayur. shutterstock.com
Ilustrasi buah dan sayur. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Menyimpan buah ternyata tidak bisa sembarangan jika ingin kesegarannya terjaga. Selama ini, banyak orang menyimpan buah dengan tidak benar. Misalnya, menyimpannya di tempat tertutup lalu mengkonsumsinya tanpa dicuci terlebih dahulu. Apakah Anda salah satunya?

Baca: Hasrat Seksual Menurun, Coba Konsumsi 4 Buah Ini

Ahli gizi Alvin Hartanto tempat terbaik menyimpan buah adalah lemari pendingin atau kulkas. “Khususnya di daerah tropis seperti Indonesia, kulkas dengan temperatur yang dingin itu dapat menjaga buah dari kebusukan dini,” katanya pekan lalu.

Tapi, sebelum menyimpan buah di kulkas, Alvin menyarankan untuk mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan higienitasnya. Lebih dari itu, ia juga mengatakan agar buah tidak langsung dimasukkan begitu saja di lemari es, tapi dengan dibungkus kantong plastik atau kotak makan.

“Tujuannya supaya menjaga buah dari bakteri lain yang ada di kulkas. Walaupun sekarang kulkas canggih, tapi kita tidak tahu apa saja yang ada di kulkas. Jangan sampai daging, saus dan sebagainya mengkontaminasi buah,” katanya.

Ketika ingin dikonsumsi, jangan lupa mencucinya kembali setelah berada lama di kulkas. Menurutnya, mencuci buah yang paling efektif adalah dengan menggunakan air keran yang kemudian dibasuh lagi dengan air mineral. “Kalau mau menggunakan sabun khusus juga tidak papa. Tapi memang dengan air saja sudah cukup,” katanya.

Baca: Buah Rambutan Tingkatkan Kualitas Sperma? Cek 6 Khasiat Lainnya

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT