Awas, 6 Gaya Komunikasi Ini Bisa Menghambat Karier Anda
TEMPO.CO | 26/02/2019 07:50
Ilustrasi karier dan kesuksesan. Shutterstock.com
Ilustrasi karier dan kesuksesan. Shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Siapa yang tak senang bila akan dipromosi dan naik jabatan? Itu tentunya adalah impian setiap orang. Sayangnya, Sylvia Ann Hewlett, seorang ekonom dan presiden pendiri Center for Talent Inovasi (CTI) di New York menyebut bahwa kegagalan seseorang dalam hal karier untuk dipromosi umumnya disebabkan oleh ketidakmampuannya dalam berkomunikasi.

Baca: 5 Kesalahan yang Menghambat Karier Karyawan Cerdas

Menurut studi CTI yang dilansir dari Forbes, berikut adalah enam kesalahan komunikasi terburuk yang langsung akan menggagalkan harapan promosi.

1. Berkomenar tentang Ras
Dari para eksekutif yang disurvei, 72 persen dari pria mengatakan komentar mengenai Ras adalah kesalahan besar dan 70 persen mengatakan hal yang sama bagi perempuan. Ini adalah pelanggaran. Pernyataan ini dapat dengan mudah menyinggung atau menghina seseorang, mencerminkan penilaian buruk dan dapat mengungkapkan kecerdasan emosional yang rendah.

2. Sibuk dengan diri sendiri
Hal tersebut sangat mengganggu. Para peneliti studi menemukan bahwa gelisah secara umum akan mengurangi tingkat keprofesionalan Anda. Sayangnya, menghindari kegelisahan dengan cara sibuk dengan diri sendiri seperti pakaian Anda atau dengan gadget Anda bukanlah hal yang tepat. Pasalnya, ini justru semakin menunjukan gerak gerik Anda yang tampak tidak nyaman. Sehingga, ini akan membuat Anda semakin jauh dari harapan untuk dipromosi.

3. Bercanda mengenai warna kulit
Ini adalah kesalahan komunikasi terburuk selanjutnya, setipe dengan kesalahan yang pertama. Menceritakan lelucon yang tidak pantas tentang hal ini dapat membuat orang merasa tidak nyaman, hal ini dapat mengungkapkan ketidakmampuan Anda untuk mendapatkan interaksi yang baik dari rekan kerja. Dari 61 persen eksekutif percaya bisa merasakan suasana hati orang lain dan secara efektif menyesuaikan bahasa Anda, nada dan isi saat berbicara. Ini adalah salah satu keterampilan yang diperlukan untuk dipromosikan.

4. Menangis
Benar atau tidak, air mata di tempat kerja tidak akan dapt berkomunikasi mengenai potensi kepemimpinan yang anda miliki, terlebih jika anda seorang pria. "Anda harus mampu mengendalikan emosi Anda," kata seorang eksekutif perbankan laki-laki dalam penelitian ini.

5. Tertawa terlalu banyak dan berbicara nyaring
Pemimpin mengatakan bahwa cekikikan atau tertawa terlalu banyak adalah sebuah kesalahan komunikasi utama bagi wanita, dan berbicara nyaring merupakan masalah utama bagi pria. Tawa yang tepat dan nada suara adalah indikator kesalah yang utama pada saat berkomunikasi. Para peneliti menemukan bahwa suara melengking bernada tinggi datang dari pihak pihak yang tidak dapat mengatur emosi mereka saat berinteraksi.

Baca: Kuliah tanpa Meninggalkan Karier, Ini Strategi Iqbaal Ramadhan

6. Menghindari kontak mata
Ahli bahasa tubuh mengatakan menghindari kontak mata membuat Anda tampak seperti berbohong atau menyembunyikan sesuatu. Jika Anda berada di sebuah pertemuan, hal ini juga dapat memberikan kesan bahwa Anda tidak tertarik pada hal yang di diskuksikan. Ini tentu bukan hal yang baik bagi seorang pemimpin.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | FORBES


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT