Tips Memilih Durian Enak, Perhatikan Durinya dan Jilat Bagian Ini
TEMPO.CO | 03/02/2019 09:01
Pengunjung memilih durian dalam Festival Mendem Duren atau mabuk durian di jalan Ki Ageng Gribig, Malang, Jawa Timur, Kamis, 10 Januari 2019. ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Pengunjung memilih durian dalam Festival Mendem Duren atau mabuk durian di jalan Ki Ageng Gribig, Malang, Jawa Timur, Kamis, 10 Januari 2019. ANTARA/Ari Bowo Sucipto

TEMPO.CO, Jakarta - Memilih durian yang enak membutuhkan pengalaman. Jika sudah berulang kali membeli durian dan tahu seperti apa isi serta rasanya, lama-kelamaan pasti paham bagaimana tips memilih durian yang lezat.

Baca: Ada Mitos Tinggi Kolesterol, Durian Justru Kaya Nutrisi

Bagi kamu yang belum berpengalaman memilih durian, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Bahkan, mungkin belum banyak orang tahu jika ada bagian dari buah durian yang bisa mengindikasikan seperti apa kondisi di dalamnya, sampai cita rasanya.

Dari wawancara Tempo dengan sejumlah pedagang durian, berikut ini tips memilih durian enak yang mudah diterapkan saat kamu membeli.

1. Bentuk durian
Perhatikan bentuk durian. Sebaiknya pilih durian yang bentuknya bulat penuh karena daging durian pasti ada di setiap ruasnya. Jika kamu memilih durian yang bentuknya agak melengkung -biasanya di bagian ujung, maka bisa dipastikan bagian itu tidak berisi daging buah.

2. Tangkai durian
Kamu bisa membedakan durian yang matang di pohon dengan matang di luar pohon melalui tangkainya. Tentu saja, durian yang matang pohon lebih sedap ketibang yang tidak. Cara mengidentifikasinya, jika pada ujung tangkai terlihat ada bekas potongan pisau, maka buah itu tidak matang di pohon.

Adapun ujung buah durian yang matang di pohon tampak lebih kasar. Kalau belum percaya, coba potong ujung tangkai itu lalu jilat. Jika terasa manis, maka buah durian tersebut sudah matang dan daging buahnya juga manis.

Artikel lainnya: Kisah Perempuan Amerika Serikat Pemburu Durian

3. Aroma
Kalau sudah dekat dengan penjual durian, maka rasa manis khas durian pasti akan menyengat. Lantas bagaimana membedakan kalau satu durian lebih bagus dari yang lain? Caranya, coba jauhkan sedikit buah durian yang kamu pilih dari tumpukan buah durian yang lain. Cium aromanya. Jika memang buah durian yang kamu pilih mengeluarkan aroma khas, maka buah durian itu sudah matang.

4. Tepuk buah durian
Kamu melihat pedagang buah durian berulang kali menepuk bagian kulit luar dengan badan pisau, itu tanda dia sedang membuktikan kalau buah durian itu sudah matang. Jika buah durian ditepuk-tepuk dengan menggunakan benda tumpul -bukan tangan tentunya, kemudian terdengar suara “buk-buk-buk”, itu pertanda ada perekahan di dalam dan buahnya sudah matang.

5. Perhatikan durinya
Duri pada kulit buah durian bisa menjadi indikasi matang atau tidaknya buah durian tersebut. Jika kulit durian jarang-jarang, artinya daging buah durian telah padat. Sebaliknya, jika duri kulit buah durian rapat, maka buah itu belum matang.

MUH. SYAIFULLAH

Baca juga: Festival Durian di Madiun: Harganya Beda, Intip Kelebihannya


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT