Intip 4 Persiapan Ini Sebelum Melakukan Operasi
TEMPO.CO | 26/01/2019 16:45
Ilustrasi tindakan operasi (pixabay.com)
Ilustrasi tindakan operasi (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Operasi merupakan salah satu tindakan medis yang dilakukan jika tubuh tak lagi dapat ditunjang melalui obat dan terapi lainnya. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengerti akan hal yang harus dilakukan menjelang tindakan operasi dimulai.

Baca juga: Sebab Drew Barrymore Ogah Operasi Plastik

Dilansir dari WebMD dan Healthline, berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan Anda sebelum operasi.

1. Jangan takut untuk membuka mata

Meski telah diberikan obat tidur, tak ada aturan yang melarang Anda untuk membuka mata saat operasi berlangsung. Serta, adalah sebuah mitos jika menutup mata akan membuat Anda tidak merasakan rasa sakit jahitan. Karena obat yang diberikan tak hanya bekerja saat Anda tertidur, namun juga saat Anda bangun.

2. Memastikan Anda dan para medis membersihkan tangan

Studi membuktikan bahwa masih banyak para medis dan pasien yang tidak memiliki tangan yang higienis saat operasi. Hal ini dapat menimbulkan infeksi dan penyakit lain  masuk ke dalam tubuh Anda. Merupakan hal yang wajar jika Anda memastikan serta bertanya tentang kebersihan kepada tim medis Anda sebagai bentuk prevensi.

3. Konsultasi tentang pantangan makanan dan obat

Sebelum dan sesudah operasi, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi berkala dengan dokter Anda tentang berbagai pantangan. Hal ini mencakup makanan dan obat yang Anda konsumsi. Dikarenakan, ada beberapa makanan dan obat yang dapat memberikan imbas buruk bagi operasi Anda nantinya.

4. Menanyakan kebutuhan transfusi darah

Hal ini jarang sekali diperhitungkan oleh seseorang yang akan melakukan operasi. Padahal, ini merupakan hal yang penting demi menunjang kelanjutan hidup Anda. Diskusikanlah dengan dokter sehingga Anda dapat mempersiapkan beberapa pendonor yang mungkin tak tersedia di rumah sakit yang Anda pilih untuk melakukan operasi.

Baca juga: Kain Kasa Tertinggal di Perut Pasien Usai Operasi Caesar

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | WEBMD | HEALTHLINE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT