Debat Pilpres, Ini Pentingnya Dukungan Keluarga
TEMPO.CO | 18/01/2019 08:45
Sandiaga Uno menjelang debat Pilpres 2019 (Instagram @sandiuno)
Sandiaga Uno menjelang debat Pilpres 2019 (Instagram @sandiuno)

TEMPO.CO, Jakarta - Di balik suami yang sukses, ada dukungan istri yang hebat. Juga sebaliknya. Sepertinya pepatah itu dipercaya calon wakil presiden Sandiaga Uno. Menjelang debat pilpres perdana pada Kamis, 17 Januari 2019, ia menguggah video sang istri, Nur Aisa, yang sedang mendoakannya. Video itu juga menampakkan anak Sandi dan orang-orang terdekatnya ikut berdoa.

Baca juga: Busana Nur Asia Uno di Debat Pilpres 2019, Serasi dengan Suami

“Doa istri untuk suami, insya Allah berkah,” tulis Sandiaga Uno.

Dukungan juga diberikan Iriana Joko Widodo untung sang suami. Mengenakan baju putih, Iriana mendampingi Joko Widodo atau Jokowi menuju lokasi debat pilpres. Didampingi menantu Bobby Nasution, Iriana menonton jalannya debat.

Seberapa penting dukungan keluarga untuk kesuksesan seseorang? Sebuah penelitian yang diterbitkan Carnegie Mellon University pada 2017 lalu menunjukkan bahwa orang dengan pasangan yang mendukung akan memiliki kesempatan lebih besar untuk meraih sukses. Dalam penelitian yang melibatkan 163 orang itu, disebutkan bahwa mereka lebih mungkin untuk menghadapi tantangan dan mendapat hasil yang memuaskan.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sudah merasakannya ketika ia mencapai puncak karier politik. “Jelas saya tidak bisa melakukan apa pun tanpa Michelle,” kata Obama kepada Oprah Winfrey, seperti dikutip CNBC.

Pengusaha sukses Richard Benson juga mengatakan bahwa keluarganya sangat penting karena telah berperan dalam membantunya mencapai tingkat kesuksesan yang begitu tinggi. Itu sebabnya, pendiri Virgin itu benar-benar menikmati menghabiskan waktu bersama keluarga selama liburan.

"Tanpa cinta dan dukungan dari keluarga Virgin, mencapai sesuatu itu tidak akan begitu berarti atau menyenangkan,” kata dia.  

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa keluarga memiliki pengaruh sangat besar pada kesuksesan seseorang. Pada 2017, sebuah studi menemukan sebanyak 69 persen karyawan di Amerika mengatakan bahwa mereka lebih berhasil di tempat kerja karena dekat dengan keluarga. 

Bukan hanya untuk pasangan, dukungan kepada anak juga menjadi kunci sukses bagi mereka. Orang tua mana yang tak ingin anak-anak mereka menghindari masalah, berhasil di sekolah, dan terus melakukan hal-hal yang luar biasa ketika dewasa? Memang tidak ada teori tentang membesarkan anak yang sukses, tapi banyak penelitian psikologi yang bisa membantu orang tua mengantar anak meraih sukses. 

Baca juga: Ada 3 Kata Ajaib agar Harmonis Seperti Keluarga Cemara 

INDEPENDENT | CNBC

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT