4 Tips Mudah Meredakan Hidung Tersumbat
TEMPO.CO | 16/01/2019 14:48
Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com
Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Hidung tersumbat adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Biasanya hidung tersumbat saat sedang flu, pilek, atau alergi.

Bukan hanya mengganggu konsentrasi, hidung tersumbat juga membuat cepat lelah dan tentunya sangat mengganggu aktivitas. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Artikel lain:
Kulit di Hidung Mudah Terkelupas, Mungkin Ini Sebabnya
Mau Hidung Sehat, Jangan Ngupil ya

#Mematikan kipas angin dan AC
Cara pertama untuk mengatasi hidung yang tersumbat adalah dengan berada di ruangan dengan suhu yang hangat dan lembap. Dapatkan suhu ini dengan mematikan kipas angin atau AC di ruangan selama beberapa waktu dan banyak-banyaklah menarik napas untuk meredakan hidung yang tersumbat.

#Banyak minum air putih hangat
Cara kedua untuk mengatasi hidung yang tersumbat adalah dengan banyak-banyak meminum air putih hangat untuk membuat suhu di dalam tubuh hangat dan meredakan hidung yang tersumbat. Kita juga bisa minum seperti teh jahe, teh lemon, mint, atau madu hangat.

Baca juga:
Filler Bikin Wajah Kaku, Mitos atau Fakta?

#Mangkuk berisi air panas dan minyak kayu putih
Kita juga bisa mengatasi hidung tersumbat dengan cara mencondongkan wajah di atas mangkuk berisi campuran air panas dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Jangan lupa gantungkan handuk di atas kepala sampai menutupi mangkuk dan hirup uap selama kurang lebih 5 menit untuk hasil yang maksimal.

Mengunyah bawang putih
Cara terakhir mungkin yang paling dihindari oleh banyak orang. Tapi mengunyah bawang putih bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi hidung yang tersumbat karena bawang putih mengandung antibakteri dan antijamur yang akan membantu mengatasi hidung tersumbat akibat flu atau demam.

TEEN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT