Punya Hewan Peliharaan, Intip 4 Manfaatnya untuk Kesehatan
TEMPO.CO | 15/01/2019 17:30
Seorang pecinta anjing bercanda dengan hewan peliharaannya saat berkampanye di acara hari bebas kendaraan di kawasan Simpanglima, Semarang, 9 April 2017. Munculnya tempat makan berbahan daging anjing dikhawatirkan sebagai media penyebaran virus rabies. Bu
Seorang pecinta anjing bercanda dengan hewan peliharaannya saat berkampanye di acara hari bebas kendaraan di kawasan Simpanglima, Semarang, 9 April 2017. Munculnya tempat makan berbahan daging anjing dikhawatirkan sebagai media penyebaran virus rabies. Budi Purwanto

TEMPO.CO, Jakarta – Banyak orang memilih untuk mengadopsi dan memelihara binatang di rumah. Selain atas dasar suka kepada hewan tersebut, mereka juga memeliharanya agar dapat dijadikan teman. Meski banyak pernyataan mengenai penyakit-penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan peliharaan, tak sedikit yang membuktikan bahwa mereka juga bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Baca juga: 
Beberapa Kesalahan Perawatan yang Sering Dilakukan Pemilik Anjing

Dilansir dari WebMD dan HealthLine, berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari hewan peliharaan.

1. Tekanan darah menjadi lebih baik

Memiliki hewan peliharaan dipercaya dapat membantu Anda dalam mengelola tekanan darah. Dalam sebuah penelitian terhadap 240 pasangan yang telah menikah, pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah dan detak jantung yang lebih baik selama istirahat, dibandingkan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

2. Kolesterol lebih rendah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang punya hewan peliharaan cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih baik, dibandingkan dengan orang yang tidak. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang lebih aktif bersama hewan peliharaan.

3. Menyehatkan jantung

Sebuah studi yang dilangsungkan selama 20 tahun menunjukkan bahwa orang yang tidak pernah memelihara kucing memiliki kemungkinan 40 persen lebih tinggi untuk meninggal karena serangan jantung daripada mereka yang memilikinya. Studi lain juga menemukan bahwa pemilik anjing memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik dalam satu tahun setelah serangan jantung.

4. Meminimalisasi risiko stroke

Meski belum ada studi yang menjelaskan secara rinci, namun seseorang yang memelihara kucing memiliki kecenderungan untuk lebih rendah terserang stroke. Hal ini mungkin disebabkan oleh kucing yang sering kali menjadi fokus pemiliknya. Sehingga mereka dapat mengalihkan kekhawatiran dan stres lainnya dari sang pemilik.

Baca juga: Ini Gejala Penyakit yang Ancam Hewan Peliharaan di Musim Hujan

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | WEBMD | HEALTHLINE

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT