Terpuruk dan Kehilangan Motivasi, Ayo Bangkit dengan Kiat Berikut
TEMPO.CO | 10/01/2019 22:18
Ilustrasi wanita lesu. shutterstock.com
Ilustrasi wanita lesu. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Mungkin Anda pernah merasa hidup terasa berat dan tak adil. Orang lain tampaknya dapat dengan mudah memperoleh apa yang diinginkan, tapi Anda, setelah berjuang mati-matian saja seringkali tak menghasilkan apa-apa.

Cobaan hidup memang dapat membuat seseorang berkecil hati, jatuh, dan merasa terpuruk. Rasa sesal menghantui. Bila tak kuat iman, jalan pintas yang sesat pun rela dilakukan.

Baca juga:
Alexa Key Gemar Berbagi Motivasi dan Pemandangan Indah
Motivasi Muncul Karena Rasa Lapar dan Aman, Ini Teorinya

Namun, perlu diingat dan sadari, Anda tidak sendirian. Anda bukanlah satu-satunya orang yang menderita di muka bumi ini. Bahkan orang-orang yang kini telah sukses pun pernah mengalami duka nestapa sebelumnya.

Bila merasa hidup mulai hampa, sebaiknya Anda mencoba untuk memotivasi diri agar jadi lebih baik. Berikut tips dari Workawesome.

#Fokus pada masa depan
Berhenti memikirkan masa lalu dan coba untuk fokus pada masa depan. Masa lalu atau yang sudah berlalu tak akan pernah bisa diubah, betapa pun kerasnya Anda memikirkan itu. Tetapi, Anda bisa merancang dan merencanakan masa depan. Lakukan yang terbaik agar Anda bisa memiliki masa depan yang lebih baik dari masa lalu.

#Baca kisah inspiratif
Ada begitu banyak tokoh inspiratif yang membagikan kisah dan perjuangan hidup mereka dalam bentuk tulisan atau buku. Luangkan waktu untuk membaca tulisan mereka untuk menginspirasi diri.

#Cari tokoh panutan
Cari seseorang dalam hidup untuk dijadikan panutan, bisa orang tua, teman, rekan kerja, atau siapa pun yang menurut Anda bisa menginspirasi dan memotivasi.

Artikel lain:
Aura Kasih Kerap Unggah Kalimat Motivasi di Instagram, Ini Isinya

#Selalu positif
Salah satu cara terbaik untuk menginspirasi diri sendiri adalah dengan bersikap seolah-olah sudah sukses atau sudah menjadi apa pun yang diinginkan. Dengan begitu, Anda akan terbiasa selalu positif, baik dalam berpikir maupun bersikap.

#Rehat
Jika merasa sedih atau terpuruk, Anda mungkin hanya terlalu lelah. Istirahat di akhir pekan atau mengambil cuti untuk beristirahat dan relaksasi penting untuk menjaga agar diri tetap positif.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT