Beberapa Kesalahan Perawatan yang Sering Dilakukan Pemilik Anjing
TEMPO.CO | 06/01/2019 07:05
Salah satu anjing di area Paws “Dog’s Dream Park in Summarecon Mall Kelapa Gading”. Tempo/Sarah Ervina Dara Siyahailatua
Salah satu anjing di area Paws “Dog’s Dream Park in Summarecon Mall Kelapa Gading”. Tempo/Sarah Ervina Dara Siyahailatua

TEMPO.CO, Jakarta - Merawat dan mengajari anjing memang tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu yang lama, kesabaran dan keuletan. Namun, banyak yang sering kali salah dalam merawat dan mendidik hewan berbulu lebat ini.

Baca: Ada Dog's Dream Park, Sekarang Anda Bisa Bawa Anjing ke Mall Ini

Seorang pelatih anjing profesional, Erwin Soekamto mengatakan kepada Tempo bahwa kesalahan terbesar para pemilik anjing adalah mendidik anjing mereka layaknya manusia. “Anjing tidak boleh diperlakukan seperti manusia. Pemilik anjing tidak seharusnya menyuruh peliharaan mereka untuk duduk dengan mengatakan sit atau bersalaman dengan mengatakan shake hand. Ini adalah kesalahan fatal,” kata Erwin di acara Paws “Dog’s Dream Park Summarecon Mall Kelapa Gading,” Sabtu, 5 Januari 2019.

Dua anjing di area terowongan Paws “Dog’s Dream Park in Summarecon Mall Kelapa Gading”. Tempo/Sarah Ervina Dara Siyahailatua

Menurut Erwin, hewan tidak memiliki akal laiknya manusia untuk mengerti itu semua. Sebaliknya, mendidik anjing yang terbaik agar mereka menurut adalah dengan memberikan makanan. “Gunakan makanan di tangan Anda yang mengepal sebagai umpan agar anjing mau menurut. Kebiasaan awal memang akan menguras banyak biaya. Namun, nantinya mereka akan terbiasa sehingga dibohongi dengan tangan kosong yang mengepal pun pasti tetap mau menurut,” tambahnya.

Anjing dan pelatih di area kolam renang Paws “Dog’s Dream Park in Summarecon Mall Kelapa Gading”. Tempo/Sarah Ervina Dara Siyahailatua

Dari segi makanan, menurut pengalaman Erwin, makanan anjing atau dog food tidak diberikan setiap hari. “Dog food hanya saya gunakan sebagai makanan sambilan. Menurut saya, anjing juga membutuhkan makanan yang kaya gizi seperti daging dan sayuran,” kata Erwin.

Dog rescuer yang hadir di Paws “Dog’s Dream Park Summarecon Mall Kelapa Gading.” Tempo/Sarah Ervina Dara Siyahailatua

Untuk tempat tinggal sendiri, anjing paling nyaman dan suka tinggal di rerumputan. “Banyak orang yang salah untuk menempatkan anjing mereka di dalam rumah atau di garasi dengan alasan kebersihan. Padahal, anjing paling senang berada di rerumputan,” kata Erwin.

Baca: Dikenal Setia, Anjing juga Suka Gigit! Tilik 8 Cara Mencegahnya

Karena habitatnya yang berasal dari dunia luar, selain suka rerumputan, anjing juga sangat membutuhkan waktu untuk berjalan di luar rumah. Bagi Anda yang sibuk, frekuensi jalan-jalan yang dibutuhkan anjing pun dapat disesuaikan dengan jadwal Anda. “Anjing sangat senang berada di suasana alam. Ia akan merasa stres apabila berada terlalu lama di dalam rumah. Menyempatkan waktu untuk berjalan bersama anjing selama 5-10 menit saja sudah cukup apabila pemiliknya sibuk,” kata Erwin.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT