Putra Mahkota Paku Alam X Nikah, Ada Sesepuh Kerajaan Nusantara
TEMPO.CO | 05/01/2019 21:25
Prosesi Panggih Dhaup Ageng Putra Mahkota Paku Alam X/Pura Pakualaman
Prosesi Panggih Dhaup Ageng Putra Mahkota Paku Alam X/Pura Pakualaman

TEMPO.CO, Yogyakarta - Sejumlah pejabat dan para perwakilan kerajaan di Indonesia turut menghadiri resepsi pernikahan putra mahkota Pura Pakualaman yang juga Putra Sulung Paku Alam X, Bendara Pangeran Hario Kusumo Bimantoro dengan Maya Lakshita Noorya di Pura Pakualaman Sabtu 5 Januari 2019.

Baca: Menikah, Putra Mahkota Paku Alam X Gunakan Batik yang Sakral

Tamu undangan yang telah hadir di lokasi diantaranya Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang didampingi istri. Pria yang akrab disapa Pakde Karwo datang mengenakan setelan jas warna hitam. Pakde Karwo mengaku diundang ke resepsi Dhaup Ageng Puro Pakualaman ini. "Saya memang sudah kenal Pak Wakil Gubernur DIY (Paku Alam X) ini sejak lama, banyak membahas soal kebudayaan Jawa," ujarnya.

Prosesi Panggih Dhaup Ageng Putra Mahkota Paku Alam X/Pura Pakualaman

Pakde Karwo menilai Dhaup Ageng ini merupakan prosesi budaya menarik selain juga prosesi sakral pernikahan. Ia pun turut memberikan doa untuk kedua mempelai. "Selamat menempuh hidup baru, menjadi keluarga sakinah mawadah warahman," ujarnya.

Sementara sesepuh dan raja-raja dari keraton dan kasultanan se-Nusantara juga menghadiri resepsi itu. Para raja-raja Nusantara itu datang dengan busana adat masing-masing dengan dikawal sejumlah prajurit.

Sejumlah raja yang hadir antara lain berasal dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan, Kerajaan Sekala Brak Lampung Barat, Kerajaan Denpasar Bali, serta Keraton Kasunanan Surakarta. "Saya baru pertama kali seumur hidup njagong (menghadiri acara resepsi) di Pakualaman. Ini peristiwa bersejarah buat saya, apalagi di era sekarang ini," kata Ketua Lembaga Adat Keraton Kasunanan Surakarta Gusti Kanjeng Ratu Wandansaru atau Gusti Mung.

Putra Sulung Paku Alam X, Bendara Pangeran Hario (BPH) Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya/Dok. Pura Pakualaman

Gusti Mung mendoakan kedua mempelai dapat meneladani dan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh para sesepuh terdahulu di Pura Pakualaman. "Semoga menjadi keluarga yang sakainah dan betul-betul bisa mengembangkan budaya Jawa karena keraton-keraton di Jawa ini adalah sumber kebudayaan," kata dia.

Raja Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan Andi Kumala Ijo mengaku di undang bersama raja-raja yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara. "Selamat kepada kedua mempelai supaya menjadi keluarga yang bahagia," kata Andi.

Baca: Putra Mahkota Paku Alam X Menikah, Intip Gaya Busana Akad Mereka

Setelah acara ijab qabul yang berlangsung pada Sabtu pagi, acara resepsi pernikahan yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dilangsungkan di Bangsal Sewotomo, Kagungan Dalem Pura Pakualaman pada pukul 11.00 WIB.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT