Uniknya Tradisi Malam Tahun Baru di Negara-negara Berikut
TEMPO.CO | 31/12/2018 21:58
Ilustrasi malam Tahun Baru. Dok Tempo/M. Iqbal Ichsan
Ilustrasi malam Tahun Baru. Dok Tempo/M. Iqbal Ichsan

TEMPO.CO, Jakarta - Tahun baru dinantikan oleh banyak orang, tidak hanya di Indonesia saja tapi juga di seluruh dunia. Malam pergantian tahun seringkali dijadikan satu waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasih.

Selayaknya setiap daerah di Indonesia yang memiliki kebudayaan yang berbeda, setiap negara juga memiliki tradisi sendiri dalam menyambut tahun baru.

Baca juga:
4 Resolusi Tahun Baru agar Jadi Pribadi yang Lebih Baik
Tips Bikin Pesta Tahun Baru yang Sederhana tapi Berkesan

#Indonesia
Di Indonesia, masyarakat biasanya menghabiskan malam pergantian tahun dengan berkumpul sebelum tengah malam dan menyalakan kembang api sambil meniup terompet keras-keras tepat pukul 00.00. Selain itu, di beberapa kota besar di Indonesia biasanya ada pagelaran musik yang dihadiri banyak artis.

#Skotlandia
Masyarakat Skotlandia menyebut malam pergantian tahun dengan Night of the Candle. Mereka menyambut tahun baru dengan membersihkan rumah serta mempersiapkan diri untuk menyambut para tamu yang akan datang. Mitosnya, setiap tamu pertama yang datang dan membawa hadiah buat tuan rumah akan menentukan keberuntungan bagi seluruh keluarga di rumah tersebut.

#Spanyol
Setiap malam tahun baru, hampir seluruh fasilitas umum di Spanyol ditutup. Masyarakat Spanyol biasanya merayakan tahun baru dengan memakan 12 butir aggur dengan cepat dan diyakini akan membawa keberuntungan serta kebahagiaan di tahun-tahun berikutnya.

ilustrasi buah anggur (pixabay.com)

#Yunani
Malam pergantian tahun di Yunani dirayakan dengan memotong roti tahun baru. Roti tersebut berisi koin atau jimat yang disebut dengan vasilopita. Pemotongan roti itu dilakukan oleh kepala keluarga untuk dibagikan kepada setiap anggota keluarga. Roti ini diyakini akan membawa nasib baik bagi keluarga.

#Belgia
Di Belgia, malam pergantian tahun dirayakan dengan pesta pada tengah malam hingga dini hari. Tidak hanya itu, ada juga tradisi lain yang disebut dengan niuwjaarrsdag yaitu tradisi di mana anak-anak menulis surat untuk orang tua mereka dan membacakannya saat acara kumpul keluarga.

#Filipina
Malam pergantian tahun di Filipina identik dengan bentuk bulat. Setiap tahun baru, masyarakat Filipina akan menyediakan makanan atau buah-buahan yang berbentuk bulat dan memakai pakaian atau apapun yang bentuknya bulat karena mereka percaya bentuk bulat dapat menarik rezeki atau membawa keberuntungan.

Artikel lain:
Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, Ikan sampai Pangsit
5 Pilihan Makanan buat Merayakan Tahun Baru di Rumah

#Jepang
Jepang memang negara dengan begitu banyak tradisi yang khas. Malam pergantian tahun merupakan salah satu upacara yang sangat besar di Negeri Sakura ini. Di Jepang, malam pergantian tahun dirayakan dengan melihat festival kembang api, berkunjung ke kuil-kuil untuk berdoa, dan mengambil kertas peruntungan di kuil.

#Kolombia
Tradisi yang dilakukan saat malam pergantian tahun baru di Kolombia adalah dengan membakar sebuah boneka yang dibuat dari jerami selayaknya orang-orangan sawah. Setelah itu, masyarakat Kolombia akan menuliskan nasib buruk atau kesalahan yang ingin dibuang dalam sebuah kertas dan kemudian menempelkan kertas tersebut di boneka yang akan dibakar tepat tengah malam. Hal ini dilakukan sebagai simbol perpisahan terhadap nasib buruk.

TEEN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT