Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, Ikan sampai Pangsit
TEMPO.CO | 30/12/2018 12:05
ilustrasi makan bersama (pixabay.com)
ilustrasi makan bersama (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Tahun 2019 sudah di depan mata. Berbagai acara dan kegiatan pun sudah dipersiapkan untuk menyambut Tahun Baru.

Hampir di setiap acara Tahun Baru selalu ada santapan spesial. Sejumlah negara pun ternyata memiliki santapan spesial dan khas untuk merayakan Tahun Baru. Berikut lima di antaranya.

Artikel lain:
Inspirasi Fashion 3 Teman Special Coast untuk Pesta Tahun Baru
Isi Libur Natal dan Tahun Baru di Mal yang Instagrammable

#Jepang
Memiliki makanan khas untuk menyambut Tahun Baru, yaitu Toshikoshi Soba. Soba merupakan mi khas Jepang yang melambangkan umur yang panjang. Makanan ini biasanya disajikan dengan kaldu manis serta gurih, kamaboko, dan nori sebagai topping.

mi soba (pixabay.com)

#Hungaria
Hungaria juga memiliki santapan khas untuk merayakan Tahun Baru. Warga Hungaria akan menyajikan makanan khas bernama Beilgi. Beilgi merupakan kue yang digulung dan diberi isian kenari. Makanan ini sangat cocok dimakan sambil berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Tahun Baru.

#Filipina
Sama seperti Jepang dan Hungaria, warga Filipina juga menyambut Tahun Baru dengan makanan khas bernama Bibingka. Kue Bibingka disebut punya kemiripan dengan makanan Indonesia. Bahkan bahan-bahannya pun juga hampir mirip. Bibingka terbuat dari tepung beras dan santan kelapa.

Ilustrasi pangsit. shutterstock.com

#Cina
Banyak orang di Cina biasanya menyambut tahun baru dengan menyantap Tangyuan atau Yuanxiao. Tangyuan adalah pangsit yang terbuat dari tepung terigu. Pangsit ini biasanya disantap saat liburan dan disajikan dengan kuah manis.

Baca juga:
5 Langkah Merencanakan Liburan Natal dan Tahun Baru

#Polandia
Ikan hering jadi makanan wajib saat Tahun Baru di Polandia. Ikan hering memiliki sisik berwarna perak. Warna perak pada ikan tersebut melambangkan kemakmuran di tahun yang baru. Ikan hering juga melambangkan harapan untuk mendapatkan rezeki yang banyak di tahun baru.

TEEN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT